Target Bupati Suwirta Tahun Depan, Seluruh Sekolah di Klungkung Aman Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali memfasilitasi pembentukan Sekolah Aman Bencana (SAB) di SMP Negeri 2 Dawan

Target Bupati Suwirta Tahun Depan, Seluruh Sekolah di Klungkung Aman Bencana
dok BPBD Bali
Bupati Suwirta (tengah) saat hadir di SMP Negeri 2 Dawan dalam pembentukan Sekolah Aman Bencana (SAB), Senin (19/8/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali memfasilitasi pembentukan Sekolah Aman Bencana (SAB) di SMP Negeri 2 Dawan Kabupaten Klungkung, Senin (19/8/2019).

Kegiatan SAB ini dilaksanakan selama lima hari dari 19 hingga 23 Agustus 2019 dengan jumlah peserta 50 orang yang terdiri dari komite sekolah, pendidik dan tenaga pendidikan, petugas keamanan sekolah serta para siswa.

Pada hari terakhir kegiatan SAB ini akan dilaksanakan simulasi yang juga melibatkan seluruh warga sekolah.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berkesempatan hadir dalam acara pembukaan sekaligus memberikan arahan.

Selain Bupati Suwirta, turut hadir Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali, Kalaksa BPBD Klungkung, Kepala Dinas Pendidikan Klungkung; Badan Perencanaan Pembanguan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Klungkung; Camat Dawan, Perbekel Desa Gunaksa serta para narasumber.

Narasumber yang terlibat diantaranya dari BPBD, Dinas Pendidikan, Bappeda - Litbang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Bupati Suwirta dalam sambutannya mengapresiasi pelaksaanaan kegiatan yang diselenggarakan BPBD Provinsi Bali untuk memfasilitasi pembentukan SAB di Kabupaten Klungkung.

Kedepannya, Suwirta mengaku akan mengalokasikan anggaran yang cukup melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) agar semua sekolah yang berada di Kabupaten Klungkung dapat dibentuk SAB.

"Saya minta BPBD Klungkung, Dinas Pendidikan dan Bappeda Litbang Klungkung, merencanakan dan mengalokasikan anggaran agar tahun depan semua sekolah di Klungkung bisa 100 persen menjadi Sekolah Aman Bencana," tegasnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Provinsi Bali Made Rentin menerangkan, pembentukan SAB ini sebagai upaya untuk terus meningkatkan kesadaran bahwa wilayah Bali merupakan bagian dari “ring of fire” dan semakin meningkatnya trend bencana hidrologis.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved