5.000 KK di Karangasem Kesulitan Air Bersih, Terjadi Setiap Tahun Saat Musim Kemarau

Hampir 5.000 Kepala Keluarga (KK) di Karangasem kesulitan memperoleh air bersih untuk memenuhi kebutuhan setiap hari

5.000 KK di Karangasem Kesulitan Air Bersih, Terjadi Setiap Tahun Saat Musim Kemarau
Tribun Bali/Saiful Rohim
Jumpa pers pendistribusian air bersih ke beberapa desa di Karangasem, Kamis (22/8/2019) kemarin, di Kantor BPBD Karangasem. 5.000 KK di Karangasem Kesulitan Air Bersih, Terjadi Setiap Tahun Saat Musim Kemarau 

5.000 KK di Karangasem Kesulitan Air Bersih, Terjadi Setiap Tahun Saat Musim Kemarau

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - Hampir 5.000 Kepala Keluarga (KK) di Karangasem kesulitan memperoleh air bersih untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Jumlah itu tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Kubu, Kecamatan Abang, Kecamatan Bebandem dan Kecamatan Karangasem.

Kamis (22/8/2019), Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa menjelaskan, 5 ribu KK di Karangasem yang kesulitan mendapat air bersih sebagian besar berada di atas pegunungan, kering, serta sulit menemukan sumber air. Akses untuk mendapat air pun harus berjalan sekitar 5 - 10 kilometer.

Seperti di Desa Kubu, Kecamatan Kubu jumlah KK yang kesulitan air bersih sekitar 170 KK tersebar di tiga banjar.

Desa Ban, Kecamatan Kubu sekitar 977 KK yang sulit mendapat air bersih. Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu hampir 1.000 KK, dan Buana Giri, Kecamatan Bebandem 781 KK lebih.

"Sisanya tersebar di desa lain. Seperti Desa Tulamben bagian atas, Dukuh atas, Sukadana atas, Baturinggit, Tianyar Barat bagian atas, Datah atas, di Seraya Timur bagian atas, dan Tianyar Timur," ungkap IB ketut Arimbawa, pejabat asal Singaraja.

Arimbawa menjelaskan, fenomena ini rutin terjadi setiap tahun, terutama saat masuk musim kemarau. Debet air menipis serta beberapa sumber mata air mengering.

Meski demikian, kondisi tersebut, dikatakan, belum berpengaruh ke sektor pertanian.

"Untuk pertanian masih aman. Belum ada pertanian sampai gagal panen," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved