Ubah Stigma Negatif Milenial, 50 Perupa Muda Pameran di Bentara Budaya Bali

Mereka merupakan perupa terpilih dari 267 pendaftar melalui Open Call Submission untuk terlibat dalam pameran Apresiasi Perupa Muda Indonesia.

Ubah Stigma Negatif Milenial, 50 Perupa Muda Pameran di Bentara Budaya Bali
Tribun Bali/Kambali
Sejumlah pengunjung melihat lukisan karya seniman I Putu Nana Partha Wijaya yang dipamerkan di Bentara Budaya Bali Jalan Prof Dr IB Mantra, Ketewel, Gianyar, Jumat (23/8/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Sejumlah 50 perupa muda dari berbagai daerah di Nusantara berpameran di Bentara Budaya Bali Jalan Prof Dr IB Mantra, Ketewel, Gianyar, Jumat (23/8/2019) hingga 30 Agustus.

Mereka merupakan perupa terpilih dari 267 pendaftar melalui Open Call Submission untuk terlibat dalam pameran Apresiasi Perupa Muda Indonesia.

Mereka datang dari berbagai daerah penjuru Nusantara mulai dari Aceh, Bali, hingga Palu.

Pameran ini digagas Direktorat Seni, Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali.

Melibatkan dua kurator gaek asal Bali, Warih Wisatsana dan Wayan Sujana 'Suklu'.

Pameran ini diklaim menjadi semangat baru dalam dunia seni rupa mengingat keseluruhan perupa merupakan generasi milenial alias generasi Z (15-25 tahun) yang kerap dituding asosial, hedonis dan serba instan.

Direktur Kesenian, Direktorat Kesenian dan Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan mengatakan, melalui pameran ini, setidaknya bisa mengubah stigma tersebut.

Terlepas dari perbedaan karakter generasi, apresiasi merupakan kunci utama.

''Kita ingin menjaring perupa muda dan mengapresiasi mereka. Apresiasi itu penting, dan perlu dibangun sejak kecil. Apresiasi tidak datang ujug-ujug begitu saja, sudah seharusnya dipersiapkan secara kontinyu,'' katanya dalam konferensi pers di Kubu Kopi, Denpasar, Jumat (23/8/2019).

Program ini memberikan kesempatan pada generasi milenial untuk berkontribusi terhadap indonesia melalui ekspresi karya seni rupa.

Halaman
12
Penulis: eurazmy
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved