Cegah Kebocoran Retribusi di Klungkung, Bupati Suwirta Pelototi Loket City Tour

Mencegah terjadinya kebocoran retribusi wisata city tour, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan kroscek di loket city tour Semarapura.

Cegah Kebocoran Retribusi di Klungkung, Bupati Suwirta Pelototi Loket City Tour
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Mencegah terjadinya kebocoran retribusi wisata city tour, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan kroscek di loket city tour Semarapura, Minggu (25/8/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Mencegah terjadinya kebocoran retribusi wisata city tour, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan kroscek di loket city tour Semarapura.

Banyaknya aplikasi yang digunakan petugas dalam melaporkan pendapatan harian, menjadi perhatian serius Bupati asal Nusa Ceningan ini.

Dihadapan petugas jaga loket, Bupati Suwirta mengecek satu persatu jenis pelaporan city tour, mulai dari yang menggunakan sistem manual hingga aplikasi yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Pelaporan tersebut meliputi jumlah wisatawan yang berkunjung, karcis retribusi yang keluar hingga jumlah uang yang masuk.

“Saya memantau perkembangan city tour, mengecek akurasi tamu yang masuk dengan tiket yang keluar dan uang yang masuk. Saya akan pantau terus beberapa minggu kedepan untuk memastikan tidak ada kebocoran,” ujar Bupati Suwirta, Minggu (25/8/2019).

Menurut Bupati, sistem pelaporan yang digunakan tidak harus ribet dengan banyaknya jenis dan aplikasi yang digunakan.

Bupati berharap laporan masuk, baik tamu maupun uang retribusi dan jumlah karcis yang keluar cukup menggunakan satu aplikasi yang bisa terkoneksi, baik dengan dinas maupun bank dalam hal ini BPD Bali.

“Jaman sudah maju, tidak ada teknologi yang terlalu ribet,” ucapnya.

Bupati juga berencana dalam waktu dekat akan memanggil dinas terkait untuk membicarakan hal ini. Dinas terkait diharapkan bisa mengontrol kinerja petugas di lapangan.

Begitu pula para petugas agar bisa memberi masukan, agar bisa diambil langkah lanjutan apabila terjadi kendala di lapangan.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved