Begini Efek Buruk Kebakaran Hutan Amazon Akibat Deforestasi

Sementara itu National Geographic memberitakan (21/8/2019), dampak dari peristiwa kebakaran hutan di Amazon adalah kepungan asap tebal yang

Begini Efek Buruk Kebakaran Hutan Amazon Akibat Deforestasi
(Global Forest Watch via Sky News)
Seperti inilah titik-titik kebakaran hutan di Brasil. Saat ini, Brasil mengalami periode terparah kebakaran hutan sejak 2013, di mana tercatat ada 76.720 kebakaran sejak Januari hingga Agustus 2019. Jumlah itu mengalami kenaikan 83 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Begini Efek Buruk Kebakaran Hutan Amazon Akibat Deforestasi

TRIBUN-BALI.COM- Badan penelitian angkasa Brasil mengungkap kebakaran hutan di hutan hujan Amazon dalam 16 hari terakhir merupakan rekor terbaru tahun ini.

Bahkan tagar #SaveAmazon dan #PrayForTheAmazon ramai digunakan pengguna Twitter untuk menggambarkan fenomena ini.

Berdasar data satelit Institut Nasional untuk Penelitian Angkasa (INPE), terjadi peningkatan hingga 83 persen jika dibandingkan periode yang sama.

Dilansir AFP (20/8/2019), hampir 73.000 kebakaran hutan tercatat sepanjang Januari hingga Agusturs. Jumlah ini jauh lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 39.759.

Sementara itu National Geographic memberitakan (21/8/2019), dampak dari peristiwa kebakaran hutan di Amazon adalah kepungan asap tebal yang menyelimuti kota-kota terdekat.

Hingga saat ini ukuran kebakaran belum jelas, tapi sudah menyebar ke beberapa negara bagian Amazon di barat laut Brasil. Pada Minggu (11/8/2019), NASA mencatat kobaran api cukup besar hingga bisa terlihat dari luar angkasa.

TRIBUN WIKI - Rekomendasi 5 Warung Soto Ayam di Denpasar Timur

Gelar Juara Dunia 2019 Menjadi Kado Ulang Tahun Spesial bagi Hendra Setiawan

"Hal seperti ini tak pernah terjadi sebelumnya. Hanya ada satu atau dua kali kejadian seperti ini di Amazon," ujar Thomas Lovejoy, seorang ahli ekologi.

"Tidak diragukan lagi, ini adalah konsekuensi dari peningkatan deforestasi baru-baru ini," tegas Lovejoy.

Deforestasi merupakan proses penghilangan hutan dengan cara penebangan untuk diambil kayu.

Halaman
123
Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved