DLH Tabanan Bakal Sebar 133 Penyuluh Sampah di Tiap Desa

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan mengusulkan 133 perekrutan tenaga penyuluh bank sampah yang rencananya akan ditugaskan di setiap desa

DLH Tabanan Bakal Sebar 133 Penyuluh Sampah di Tiap Desa
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Tumpukan sampah di TPA Mandung, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, belum lama ini. DLH Tabanan Bakal Sebar 133 Penyuluh Sampah di Tiap Desa 

DLH Tabanan Bakal Sebar 133 Penyuluh Sampah di Tiap Desa

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan mengusulkan 133 perekrutan tenaga penyuluh bank sampah yang rencananya akan ditugaskan di setiap desa.

Ini dilakukan untuk menangani timbulan sampah.

Program ini nantinya akan lebih menekankan perilaku memilah sampah dengan konsep 3R (reuse, reduce, dan recycle).

Minimal ada satu penyuluh untuk satu desa.

Selain itu, perekrutan tenaga diperlukan sesuai dengan juknis program pemberdayaan sampah berbasis desa dari Direktorat Pengelolaan Sampah Limbah B3 (Bahan Beracun Berbahaya).

"Nantinya para penyuluh memiliki tiga tugas pokok yakni memantau, mendampingi (melatih) dan melaporkan terkait pengelolaan sampah di desa," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan, I Made Subagia, Minggu (25/8/2019). 

Ia mengatakan, kemudian juga program ini juga akan didukung oleh instruksi Bupati Tabanan Nomor 1 Tahun 2019 tentang pembatasan timbulan sampah plastik yang salah-satu didalamnya adalah pemberdayaan bank sampah.

"Sesuai dengan juknis proram pemberdayaan sampah berbasis desa dari Direktorat Pengelolaan Sampah Limbah B3. Pemilahan sampah dengan konsep 3R ini akan lebih ditekankan. Jadi bank sampah akan tetap ada untuk pembinaan ke masyarakat agar melaksanakan pemilahan sampah dari sumbernya dengan konsep 3R baik yang berasal dari rumah tangga maupun pasar," paparnya.

Beberapa Desa di Tabanan ada yang belum membentuk bank sampah.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved