4 SPBU di Bali Diduga Curangi Pompa Ukur BBM, Pemilik Beralasan Rusak

Pengawas metrologi telah memasang segel metrologi sebagai bentuk pengamanan pada saat melakukan pengawasan.

4 SPBU di Bali Diduga Curangi Pompa Ukur BBM, Pemilik Beralasan Rusak
kompas.com
Aktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di salah satu SPBU milik Pertamina. 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Badung, Bali, Selasa (27/8/2019)

Sidak ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pengawasan yang sebelumnya dilakukan dan bertujuan untuk melindungi konsumen dari SPBU yang terindikasi melakukan tindak pidana di bidang metrologi legal.

Dari sidak di Badung, petugas menemukan dua SPBU yang diduga terindikasi melakukan kecurangan.

“Pada SPBU tersebut ditemukan kawat segel tanda jaminan pada pompa ukur dalam kondisi terputus. Selain itu, berdasarkan hasil pengujian, kebenaran kuantitasnya melebihi batas kesalahan yang diizinkan (BKD)," ungkap Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Veri Anggrijono. 

Veri yang memipin sidak juga memberikan pengarahan kepada pemilik SPBU agar tidak merusak kawat tanda tera yang dibubuhkan pada pompa ukur BBM tersebut.

Pengawas metrologi telah memasang segel metrologi sebagai bentuk pengamanan pada saat melakukan pengawasan.

Sebelumnya, Direktorat Metrologi telah melakukan kegiatan pengawasan SPBU di sembilan Kabupaten/Kota Provinsi Bali dari tanggal 6 sampai 9 Agustus 2019. 

Dari pengawasan tersebut, empat SPBU diduga terindikasi melakukan kecurangan, yaitu dua di Kabupaten Bangli dan dua di Kabupaten Badung.

 Dua SPBU di Badung yakni di SPBU Jalan By Pass Ngurah Rai, Nusa Dua dengan nomor 54.803.29 dan di SPBU Sunset Road, Kuta dengan nomor 54.803.23.

Berdasarkan hasil pengawasan di Bangli, telah ditemukan adanya dugaan pemasangan alat tambahan pada pompa ukur berupa rangkaian elektronik printed circuit board (PCB) di dua SPBU yang diawasi tersebut.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved