Desa Dukuh Karangasem Dapatkan Hak Pengelolaan Hutan Seluas 676 Hektare dari KLHK

Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali mendapatkan Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) dari Kementerian Lingkungan Hidup

Desa Dukuh Karangasem Dapatkan Hak Pengelolaan Hutan Seluas 676 Hektare dari KLHK
dok/ist
Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali mendapatkan Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) dari Kementerian Lingkungan Hidup 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali mendapatkan Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

HPHD itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri LHK Nomor: SK 8813/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.O/12/2018 tentang Pemberian Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD).

SK itu diberikan kepada Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Anugrah Wisesa yang luasnya tercatat sekitar 676 hektare dan diterima oleh Perbekel Desa Dukuh I Gede Sumiarsa.

Penyerahan SK HPHD itu berlangsung di Embung Desa Dukuh, Senin (26/8/2019) yang dihadiri oleh Direktur Kemitraan Lingkungan dari Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK Jo Kumala Dewi.

Selain itu, upacara serah terima ini juga dihadiri oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bali Timur, Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Jawa Bali Nusra, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem dan beberapa instansi terkait.

Dalam kesempatan tersebut, tidak hanya kegiatan serah terima SK HPHD, dilakukan pula penandatanganan Prasasti Hutan Desa Dukuh oleh para pihak pendukung.

Para pihak pendukung itu diantaranya Direktur Kemitraan Lingkungan KLHK, Bupati Karangasem, Bendesa Adat Dukuh, Bendesa Adat Tulamben, Perbekel Desa Dukuh, Cinservation Internasional (CI) Indonesia dan Ramada Bali Sunset Road.

Penandatanganan prasasti ini sebagai simbolis sinergi para pihak guna menyukseskan program hutan Desa Dukuh sehingga akan menjadi ikon yang sangat unik dari skema perhutanan sosial.

Dalam sambutannya Jo Kumala Dewi mengapresiasi upaya Desa Dukuh untuk mengajukan izin pengelolaan hutan desa dalam skema perhutanan sosial.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved