Rekonstruksi Pembunuhan Jro Mahayoni Segera Digelar, Tubuh Sang Istri Ditusuk Pisau Pengutik

Rekonstruksi Pembunuhan Jro Mahayoni Segera Digelar, Tubuh Sang Istri Ditusuk Pisau Pengutik

Rekonstruksi Pembunuhan Jro Mahayoni Segera Digelar, Tubuh Sang Istri Ditusuk Pisau Pengutik
JITET
Ilustrasi pembunuhan 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA- Masih ingat dengan kasus pembunuhan Jro Ketut Nurti Mahayoni (65)?

Unit PPA Polres Buleleng rencananya akan menggelar rekontruksi pada Rabu (28/8/2019) di tempat kejadian perkara, di perumahan Villa Garden, Kelurahan Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Kasubag Humas Polres Buleleng, Iptu Sumarjaya mengatakan, selama proses rekontruksi, sebanyak 20 personel dikerahkan untuk melakukan pengamanan.

Sementara dalam rekontruksi ini, tersangka bernama Jro Mangku Nyoman Sumerta (68) yang tidak lain adalah suami dari korban sendiri, akan memperagakan sebanyak 25 adegan.

"Proses penyidikannya sudah akan rampung. Rekonstruksi dilakukan untuk mengetahui persis apa yang dilakukan oleh pelaku terhadap korban. Meski pelaku sedang sakit-sakitan, rekonstruksi wajib dilakukan. Nanti pelaku didampingi oleh kuasa hukumnya," jelas Iptu Sumarjaya, Selasa (27/8/2019).

Meski Jro Mangku Nyoman Sumerta telah ditetapkan sebagai tersangka, selama proses penyidikan ini, polisi tidak melakukan penahanan.

Ini dilakukan dengan pertimbangan kemanusiaan, mengingat pelaku yang mengalami sakit gagal ginjal, dan harus rutin melakukan cuci darah.

Meski tidak dilakukan penahanan, tersangka Jro Mangku Nyoman Sumerta diberlakukan wajib lapor, yang dilakukan setiap Senin dan Kamis.

Selanjutnya, tersangka pun diperbolehkan melakukan aktivitas rutinnya sehari-hari, dan tetap dalam pengawasan pihak penyidik.

"Nanti kalau berkas sudah dilimpahkan ke kejaksaan dan sudah dinyatakan P21, maka kewajiban penyidik menyerahkan tersangka dan barangbukti ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Setelah itu kewenangan penuh ada di JPU apakah akan menahan tersangka atau tidak," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved