Unud Ajak Peserta dan Delegasi PIMNAS Bersihkan Sampah Plastik dan Lepas Tukik di Pantai Kelan

Tidak hanya mengajak peserta PIMNAS turun ke pantai, dalam melayani konsumsi Unud juga tidak menyiapkan air minum dari kemasan gelas plastik.

Unud Ajak Peserta dan Delegasi PIMNAS Bersihkan Sampah Plastik dan Lepas Tukik di Pantai Kelan
Dokumentasi Panitia Pimnas32 Unud
Para peserta dan delegasi setiap Perguruan Tinggi (PT) yang ikut dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 turun membersihkan sampah plastik dan pelepasan tukik di pesisir Pantai Kelan di Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jum'at (30/8/2019). 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Para peserta dan delegasi setiap Perguruan Tinggi (PT) yang ikut dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 turun membersihkan sampah plastik dan pelepasan tukik di pesisir Pantai Kelan di Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (30/8/2019).

Seperti diketahui, Universitas Udayana (Unud) menjadi tuan rumah dari PIMNAS ke-32 kali ini.

Pembersihan sampah plastik dan pelepasan tukik di Pantai Kelan sebagai upaya agar peserta PIMNAS bisa memaknai pentingnya pelestarian lingkungan hidup dan menekankan bahaya dari sampah plastik.

Kepala Biro Kemahasiswaan Unud I Dewa Gede Oka menerangkan, PIMNAS ke- 32 diikuti oleh 614 peserta dari 126 PT di Indonesia yang terdiri dari 460 team dengan dosen pembimbing serta sekitar 1260 official.

“Udayana sesuai dengan program pemerintah pusat berkonsentrasi terhadap lingkungan terutama pada memerangi sampah plastik dan hal itu sudah kita implementasikan dalam ajangn kegiatan PIMNAS 32 ini," tuturnya.

Tidak hanya mengajak peserta PIMNAS turun ke pantai, dalam melayani konsumsi Unud juga tidak menyiapkan air minum dari kemasan gelas plastik.

Pihaknya menyediakan galon air minum dan memberikan tumbler kepada peserta untuk mengurangi penggunaan plastik.

“Dalam kegiatan di kampus pun, Udayana sering menyelenggarakan kegiatan pembersihan dan mengurangi penggunaan plastik dalam berbagai kegiatan," ungkapnya.

Salah satu peserta PIMNAS dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Triah Bulkiah terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan pembersihan sampah plastik dan pelepasan tukik tersebut.

“Sebelumnya karena saya pernah belajar tentang tukik, senang sekali dapat ikut dalam acara pelepasan tukik kali ini meskipun cukup sedikit tukik yang bisa dilepas pada acara ini," tuturnya.

“ Areal pesisir pantai sudah cukup bersih disini, lebih banyak sampah organik dari sampah plastik sehingga belum optimal untuk merasakan pembersihan pantai. Trashbag yang dibagikan juga tidak penuh,” ujarnya lagi.

Mahasiswa lain dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persada Khatulistiwa, Sergius daling menerangkan, acara clean beach ini lumayan menarik.

Sebab, kata dia, di tahun sebelumnya belum dilakukan kegiatan seperti ini dan mungkin baru kali ini karena Bali memiliki banyak pantai dan merupakan tempat observasi penyu.

Setelah dilakukan acara clean beach dan pelepasan tukik, peserta PIMNAS kemudian diajak untuk city tour di daerah Denpasar dan Badung. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved