30 Guru Dilatih Membimbing Riset, Animo Guru di Bali Ikut Pelatihan Penelitian Masih Rendah

Kegiatan tidak berakhir sampai pelatihan didalam ruangan saja, nantinya setiap peserta diberi tugas selama dua bulan.

30 Guru Dilatih Membimbing Riset, Animo Guru di Bali Ikut Pelatihan Penelitian Masih Rendah
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Suasana pelatihan khusus untuk guru pembimbing penelitian di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali Renon Denpasar, Jumat (30/8/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Center For Young Scientists bersama Asosiasi Guru Pembimbing Penelitian Indonesia (AGPPI) menyelenggarakan pelatihan khusus untuk guru pembimbing penelitian di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali Renon Denpasar, Jumat (30/8/2019).

Pelatihan diikuti oleh 30 orang guru yang tidak hanya berasal dari Bali tetapi juga dari Jakarta, Bandung, Banten, Yogyakarta dan Surabaya.

Bidang ilmu yang diajarkan para guru bermacam-macam, tetapi pelatihan khusus diberikan keterampilan untuk membimbing siswa dalam melakukan penelitian.

Direktur Center for Young Scientists, Monika Raharti M.Si mengatakan tujuan pelatihan agar guru lebih mampu membimbing siswanya.

Menurut Monika, saat membuat suatu project penelitian sebenarnya bisa tentang apa saja, tetapi cara berpikir atau prosesnya yang harus benar.

“Maka kami disini mengajarkan bagaimana proses mulai dari mencari ide yang baik sampai dengan mereka mereka bisa menguji, bereksperimen sampai nanti mereka berhasil risetnya,” kata dia.

Kegiatan tidak berakhir sampai pelatihan didalam ruangan saja, nantinya setiap peserta diberi tugas selama dua bulan, sepulangnya dari pelatihan para guru diwajibkan untuk membimbing minimal satu riset siswanya.

“Kami akan dampingi terus selama dua bulan apakah prosesnya sudah benar atau tidak. Kalau ditengah jalan ada masalah kami akan bantu,” ujarnya.

Selanjutnya hasil riset siswa tersebut akan ditampung dalam lomba peneliti belia. Lomba peneliti belia akan berlangsung di 10 Provinsi di Indonesia.

Kemudian pemenanganya akan diseleksi kembali untuk berkompetisi di tingkat nasional, bahkan internasional. 

Halaman
12
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved