Gubernur Koster Minta DPRD Baru Tuntaskan 4 Ranperda Tahun Ini

Gubernur Bali, Wayan Koster meminta kepada seluruh anggota DPRD Provinsi Bali yang baru dilantik periode 2019-2024 agar segera menuntaskan 4 Ranperda

Gubernur Koster Minta DPRD Baru Tuntaskan 4 Ranperda Tahun Ini
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Gubernur Bali Wayan Koster. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali, Wayan Koster meminta kepada seluruh anggota DPRD Provinsi Bali yang baru dilantik periode 2019-2024 agar bekerja cepat menuntaskan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang sedang disusun bersama pihak eksekutif.

Keempat Ranperda tersebut antara lain Ranperda tentang standarisasi pelayanan kesehatan; Ranperda tentang Pemajuan kebudayaan; Ranperda tentang standar Penyelenggaraan kepariwisataan; dan Ranperda tentang wajib belajar 12 tahun.

“Harus selesai empat Rancangan Peraturan Daerah, lumayan. Supaya kerja kita konkrit,” kata Koster dalam sambutannya saat acara pelantikan dan pengucapan sumpah janji anggota DPRD Bali di Kantor DPRD Provinsi Bali, Senin (2/9/2019).

Ia menjelaskan setiap kebijakan dan program Pemerintah harus dibuatkan dasar hukum sebagai sebuah produk legislasi berupa Peraturan Daerah (Perda) dan/atau Peraturan Gubernur (Pergub).

Hal itu agar kebijakan dan program yang dilaksanakan dapat diselenggarakan secara permanen dan berkelanjutan oleh penyelenggara Pemerintahan di daerah.

Anggota DPRD Bali Terpilih Resmi Dilantik, Adi Wiryatama Ditunjuk Jadi Pimpinan Dewan Sementara

Adapun produk legislasi yang sudah dikerjakan dalam kurun waktu satu tahun ini terdiri dari, pertama, Perda yang sudah diundangkan berjumlah tiga Perda.

Kedua, Rancangan Perda yang sudah disetujui DPRD Bali tanggal 22 Agustus 2019 lalu dan saat ini sedang diverifikasi di Kementerian Dalam Negeri berjumlah lima Perda.

Dan ketiga,Rancangan Perda yang sedang dalam masa penyusunan dan finalisasi sejumlah empat Ranperda.

“Jadi dengan DPRD periode 2014-2019 dan pemerintahan saya yang genap satu tahun pada 5 September yang akan datang sebenarnya 8 Peraturan Daerah selesai, cukup produktif tahun ini,” ujar mantan Anggota Komisi X DPR RI ini.

Selanjutnya empat Ranperda yang sedang disusun itu adalah tugas DPRD baru periode 2019-2024, dimana dirinya langsung meminta harus selesai pada tahun ini yang dihitung mulai bulan September sampai Desember 2019. (*)

Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved