Sumber Mata Air di Subak Apuan Dimiliki Perorangan Tuai Keluhan Petani, Puslit Subak Unud Bersikap

Sebuah kasus atau permasalahan mengenai air terjadi di Subak Apuan, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Sumber Mata Air di Subak Apuan Dimiliki Perorangan Tuai Keluhan Petani, Puslit Subak Unud Bersikap
Kolase Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana/Zaenal Nur Arifin
Ketua Pusat Penelitian Subak Universitas Udayana (Unud) Prof Dr Ir I Wayan Windia, SU 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebuah kasus atau permasalahan mengenai air terjadi di Subak Apuan, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Sejak beberapa tahun terakhir para petani di subak tersebut mengeluh karena kekurangan air.

Penyebabnya, sumber mata air yang berada di subak tersebut masuk dalam kawasan sertifikasi tanah yang dimiliki oleh perorangan.

Terlebih, sumber mata air yang dikuasai oleh perorangan itu kini tengah dijual kepada orang lain dan perusahaan kemasan air minum.

"Karena disertifikatkan oleh perorangan, jadilah mata air itu milik sendiri dari orang yang punya tanah disertifikatkan itu," kata Ketua Pusat Penelitian (Puslit) Subak Universitas Udayana (Unud), Prof Wayan Windia, Rabu (4/9/2019).

Hal itu Prof Windia ketahui saat mengikuti Focus Group Disscusion (FGD) tentang Peradaban Air di Bali yang bertempat di Sindhu Beach Hotel, Sanur, Denpasar, Senin (8/7/2019) lalu.

FDG tersebut diselenggarakan oleh Pusat Arkeologi Nasional (Puslit Arkesnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Dalam FGD itu juga hadir beberapa tokoh masyarakat Badung, khususnya dari Kawasan Taman Mumbul Sangeh, DPRD Badung, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR); serta Dinas Pertanian Kabupaten Badung.

Permasalahan itu muncul dalam FGD Peradaban Air di Bali karena disampaikan pertama kali oleh utusan dari Dinas Pertanian Kabupaten Badung

Berdasarkan diskusi yang diikuti oleh Prof Windia, biasanya jika terdapat mata air maka 2 meter sepadan di sekitarnya seharusnya menjadi milik umum.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved