Bali Jadi Inspirasi Penerapan SDGs, Putu Supadma Rudana Sebut karena Miliki Kearifan Lokal

Ia menyatakan bahwa Bali telah berhasil menerapkan ‘green tourism’ atau ‘sustainable tourism development.

Bali Jadi Inspirasi Penerapan SDGs, Putu Supadma Rudana Sebut karena Miliki Kearifan Lokal
Tribun Bali/Ragil Armando
BKSAP DPR RI dalam acara Forum World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) III yang berlangsung dari tanggal 4-5 September 2019. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana alias PSR menyatakan bahwa keberadaan Bali di muka bumi memberikan inspirasi bagi dunia dalam menerapkan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Hal ini yang menyebabkan Bali menjadi tuan rumah dari agenda Forum World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) III yang berlangsung dari tanggal 4-5 September 2019.

Kegiatan yang dilangsungkan di Hotel Patra Jasa, Kuta, Bali ini dihadiri oleh 150 delegasi dari 28 negara.

"Bali memiliki tiga kearifan lokal, yakni Tri Hita Karana, Subak dan Hari Raya Nyepi, sehingga menjadi daya tarik dunia," tutur PSR, Jumat (6/9/2016)

Ia menyatakan bahwa Bali telah berhasil menerapkan ‘green tourism’ atau ‘sustainable tourism development. Oleh sebab itu, Bali menjadi contoh utama dalam pembangunan kepariwisataan yang berbasis Tri Hita Karana - Green Sustainable Tourism Destination.

Sikapi Kecelakaan yang Sering Terjadi, Pemkab Akan Pasang Tali Pengaman di Objek Wisata Devil Tears

Di Hari Pelanggan Nasional, Citilink Luncurkan Design Boarding Pass dengan Berbagai Keuntungan

Ke depan, menurut dia, Bali akan semakin diminati dunia karena memiliki komprehensivitas yang tinggi dalam bidang destinasi.

Politikus Partai Demokrat asal Gianyar ini pun berharap, pertemuan kali ini dapat merumuskan Bali Action yang menjadi tujuan implementasi TPB.

"Ini memang akan dirumuskan dalam Bali Action dari berbagai negara melalui parlemennya untuk menerapkan secepat mungkin agenda 2030 agar pencapaian pembangunan yang berkelanjutan dapat terwujud," tandas Supadma Rudana, yang juga Wakil Sekjend DPP Partai Demokrat.

Di sisi lain, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet menjelaskan bahwa kegiatan World Parliamentary Forum Sustainable Development (WPFSD) III ini mengambil tema bertema ‘Memerangi Ketimpangan melalui Inklusi Sosial dan Keuangan’.

Orangtua Masih Berharap Anaknya Kembali, Ini 9 Fakta Siswa SMK Hilang saat Magang di Pelabuhan Benoa

3 Orang Pemuda Aniaya Seorang Gadis di Dalam Gubuk Lalu Memperkosa Meski Sudah Tewas

Ia menjelaskan bahwa tema ini selaras dengan isu strategis dunia terkait masalah kesenjangan yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Halaman
12
Penulis: Ragil Armando
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved