Bali Punya Tiga Kearifan Lokal yang Menginspirasi Dunia Terapkan Pembangunan Berkelanjutan

Forum Parlemen Dunia atau WPFSD ke-3 telah berakhir kemarin dan ditutup dengan menghasilkan Bali Roadmap

Bali Punya Tiga Kearifan Lokal yang Menginspirasi Dunia Terapkan Pembangunan Berkelanjutan
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
PSR berfoto bersama seusai penutupan WPFSD ke-3, Jumat (6/9/2019). Bali Punya Tiga Kearifan Lokal yang Menginspirasi Dunia Terapkan Pembangunan Berkelanjutan 

Bali Punya Tiga Kearifan Lokal yang Menginspirasi Dunia Terapkan Pembangunan Berkelanjutan

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Forum Parlemen Dunia atau World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) ke-3 telah berakhir kemarin dan ditutup dengan menghasilkan Bali Roadmap.

Forum yang berlangsung di Hotel Patra Jasa, Kuta, Badung, Bali pada 4-5 September 2019 ini dihadiri 150 delegasi dari 28 negara.

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana menyatakan keputusan tetap menggelar forum parlemen dunia di Bali sangat tepat.

Menurutnya, hal itu karena Bali telah memberikan inspirasi kepada dunia dalam semangatnya mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). 

"Bali memiliki 3 Kearifan lokal, yakni Tri Hita Karana, Subak dan Hari Raya Nyepi, sehingga menjadi daya tarik dunia," ujar Putu Supadma Rudana, kepada tribunbali.com, Jumat (5/9/2019).

Menurut politisi yang akrab disapa PSR itu, Bali telah menerapkan pentingnya ‘green tourism’ atau ‘sustainable tourism development.

Sehingga Bali menjadi contoh utama dalam pembangunan kepariwisataan yang berbasis Tri Hita Karana - Green Sustainable Tourism Destination. 

PSR menambahkan, Bali ke depan akan semakin diminati di dunia karena memiliki komprehensivitas yang tinggi dalam bidang destinasi.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved