Cegah HIV melalui Transmisi Seksual, KPA Provinsi Bali Gelar Pelatihan Penguatan PMTS

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali Gelar Pelatihan Penguatan Pencegahan HIV Melalui Transmisi Seksual (PMTS)

Cegah HIV melalui Transmisi Seksual, KPA Provinsi Bali Gelar Pelatihan Penguatan PMTS
Dok. Juni Ambara
Suasana pelatihan penguatan PMTS oleh KPA Provinsi Bali di Jempiring Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali, Jln Hayam Wuruk, Denpasar, Bali, Jumat (6/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, M. Firdian Sani

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali Gelar Pelatihan Penguatan Pencegahan HIV Melalui Transmisi Seksual (PMTS) di Jempiring Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali, Jln Hayam Wuruk, Denpasar, Bali, Jumat (6/9/2019).

Tujuan acara ini adalah untuk mendukung capaian 90-90-90 tahun 2030 dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam hal pengelolaan program Pencegahan HIV Melalui Transmisi Seksual.

Capaian fast track 90-90-90 yang diharapkan adalah 90 persen yang dites dan diketahui status HIVnya, kemudian 90 persen yang dites dan sudah diketahui status HIVnya minum ARV.

Kemudian 90 persen yang minum ARV tersebut dipastikan HIV tidak nampak dalam darahnya.

Kepala Sekretariat KPA Provinsi Bali, Drh Made Suprapta, MM menegaskan, peran KPA memang sangat strategis untuk program Penanggulangan AIDS di Bali.

Salah satu peran pentingnya adalah mengkoordinasikan, mensinkronisasi program, memfasilitasi dan mengadvokasi stakeholder.

Ezra Walian Gabung Bali United? Yabes Tanuri Akui Sudah Bertemu Sang Pemain

BREAKING NEWS: Asap Hitam Mengepul di Dalam Bandara Ngurah Rai, Diduga Ada Bus Terbakar

Di sisi lain, Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dr Agus Suryadinata mengungkapkan, saat ini fenomena HIV-AIDS di Bali memang unik.

Banyak hal yang terjadi di lapangan dalam pelaksanaan program. Salah satunya adalah obat banyak tapi ada beberapa orang klien yang belum mau mengkonsumsi ARV secara rutin.

Dr Agus berpesan agar semua peserta pelatihan selalu mengingat materi yang diberikan saat pelatihan, serta senantiasa berkoordinasi dengan lembaga terkait.

Halaman
12
Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved