Karangasem Hanya Dapat 500 Juta dari Besakih, Bupati Harapkan 90 Persen Dana Bagi Hasil Usai Ditata

Dikatakan I Gusti Ayu Mas Sumantri, PAD yang didapat Karangasem dari objek wisata Pura Besakih hanya sekitar Rp 500 juta.

Karangasem Hanya Dapat 500 Juta dari Besakih, Bupati Harapkan 90 Persen Dana Bagi Hasil Usai Ditata
Tribun Bali/Wema Satya Dinata
Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR-Rencana penataan dan pembangunan fasilitas jalan, parkir, tempat berjualan,  fasilitas Wantilan dan Gedung di Kawasan Pura Besakih oleh Pemprov Bali, mendapat sambutan yang baik dari Bupati Karangasem  I Gusti Ayu Mas Sumantri.

Mas Sumantri mengatakan dengan penataan tersebut diharapkan pengelolaannya juga semakin baik sehingga dapat meningkatkan pemasukan berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Karangasem dari sektor pariwisata Besakih.

 
Dikatakannya, PAD yang didapat Karangasem dari objek wisata Pura Besakih hanya sekitar Rp 500 juta.

“Sedikit sekali. Maka sekarang dengan adanya profesionalisme pengelolaan nanti semoga bisa perolehannya meningkat Jadi 20 kali lipat,” kata Mas Sumantri saat ditemui di Taman Budaya Provinsi Bali, Denpasar, Kamis (5/9/2019).

Geliat Putra Daerah Bangun Hotel Bintang Lima, Lengkapi Ubud dengan Hotel Berkualitas

Kawasan Besakih akan Dilengkapi Gedung Bioskop untuk Wisatawan yang Datang ke Pura Besakih

Untuk mendukung penataan kawasan tersebut, Karangasem juga telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan parahyangan, salah satunya Pura Tunggul Besi. 

“Kita sudah anggarkan tahun ini sekitar Rp 5 milyar,” ujarnya.

 
Setelah dilakukan penataan, Pemkab Karangasem segera akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi terkait dana bagi hasil yang didapat dari Besakih.

Sebelumnya Gubernur Bali siap membagi 30 persen untuk provinsi dan 70 persen untuk kabupaten.

Lebih lanjut Mas Sumantri mengatakan karena Karangasem masih memiliki predikat daerah termiskin tentunya dia berharap  90 persen dana bagi hasil tersebut dapat diberikan ke Kabupaten Karangasem.

“Karena beliau (Gubernur red) mengatakan bahwa provinsi punya uang untuk masyarakatnya. Nah Maka dari itu Karangasem juga wajib diprioritaskan dalam hal penganggaran,” imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved