Berita Banyuwangi

Bupati Anas Paparkan 20 Prinsip Kreatif Mengembangkan Daerah

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memaparkan 20 prinsip kreatif pengembangan daerah di depan ratusan peserta Konferensi Kota Kreatif

Bupati Anas Paparkan 20 Prinsip Kreatif Mengembangkan Daerah
Surya/Haorrahman
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memaparkan 20 prinsip kreatif pengembangan daerah di depan ratusan peserta Konferensi Kota Kreatif yang baru saja digelar di Ternate. 

Bupati Anas Paparkan 20 Prinsip Kreatif Mengembangkan Daerah

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memaparkan 20 prinsip kreatif pengembangan daerah di depan ratusan peserta Konferensi Kota Kreatif yang baru saja digelar di Ternate.

”Ya baru saja diundang ICCN (Indonesia Creative Cities Network), kami paparkan soal prinsip-prinsip kreatif mengembangkan daerah. Kira-kira ada 20 prinsip kreatif,” ujar Anas di Banyuwangi, Sabtu (8/9/2019).

“20 prinsip kreatif itu ya kira-kira hasil rangkuman lah dari perjalanan menjadi bupati Banyuwangi. Program berhasil, program kurang sukses, semuanya dicari benang merahnya. Lalu ada 20 prinsip kreatif itu,” kata Anas.

Anas mengatakan, 20 prinsip kreatif itu bisa dikluster dalam tiga bagian besar, yaitu inovasi, pemasaran daerah dan kepemimpinan.

Dalam bagian inovasi, terdapat enam prinsip kreatif. Di bagian pemasaran daerah ada tujuh prinsip kreatif. Adapun di bagian kepemimpinan ada tujuh prinsip.

Enam prinsip kreatif dalam bagian inovasi antara lain prinsip paradoks, daya saing, mencipta, ATM (amati, tiru, modifikasi), fokus, dan proaktif.

“Prinsip kreatif paradoks, misalnya mengubah Puskesmas dari pelayanan orang sakit menjadi mal orang sehat. Lalu coba ubah bukan semata-mata PAD, tapi program untuk penggerak PDRB,” ujarnya.

Anas menyontohkan, dalam prinsip fokus, yang dilakukan adalah ”semakin terbawah, maka semakin menjadi prioritas teratas”.

”Sehingga lahir program Rantang Kasih yang mendistribusikan makanan gratis setiap hari untuk lansia miskin, uang saku dan tabungan untuk pelajar dari keluarga kurang mampu, dan sebagainya,” jelas Anas.

Halaman
123
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved