Jangan Berinvestasi di Pasar Saham jika Ingin Beli Rumah Pertama

Anda millenial yang sedang berniat untuk memiliki rumah pertama? Lalu, instrumen investasi apakah yang paling pas untuk menyiapkan DP rumah pertama?

Jangan Berinvestasi di Pasar Saham jika Ingin Beli Rumah Pertama
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anda millenial yang sedang berniat untuk memiliki rumah pertama? Jika Anda berencana membeli rumah pertama dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dibutuhkan uang muka atau down payment minimal 20 persen dari harga rumah.

Semakin besar DP yang disetorkan di awal, akan semakin ringan beban cicilan bulanan.

Chief Economist and Investmen Strategist PT Manulife Aset Manajemen Katarina Setiawan mengatakan, jika ingin memiliki rumah pertama, setidaknya Anda sudah memiliki target kapan dan berapa jumlah DP yang akan dibeyarkan sebelum menyisihkan uang untuk membayar DP tersebut.

Lalu, instrumen investasi apakah yang paling pas untuk menyiapkan DP rumah pertama?

Penyanyi Pop Nia Daniaty Kecelakaan di Bojonegoro, Dirawat di Rumah Sakit & Sulit Berbicara

Gawai Bukan hanya Sarana Hiburan untuk Anak, Orangtua Harus Bisa Beri Tantangan

Katarina mengatakan, ketika menyimpan uang untuk pembayaran DP, hindari berinvestasi di pasar saham.

Terutama, jika jumlah uang yang Anda targetkan akan digunakan dalam satu atau dua tahun ke depan.

"Investasi di pasar saham memang berpotensi untuk memberikan tingkat pengembalian investasi yang lebih tinggi dibandingkan investasi lainnya, namun sangat berfluktuasi dan risikonya sangat tinggi jika dananya ingin digunakan dalam jangka pendek," jelas Katarina dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Menurut dia, sebaiknya Anda menggunakan reksa dana pasar uang yang cocok untuk menyimpan dana investasi dalam jangka pendek.

Buka Akun Pasar Modal di Galeri Investasi UNHI Semakin Mudah, Ini Syaratnya

Jangan Boros dan Mulai Investasi, Ini Tips Mengelola Keuangan Bagi Kaum Milenial

Selain memiliki tingkat risiko yang sangat rendah, reksa dana pasar uang juga likuid, bebas biaya transaksi, dan memberikan potensi imbal hasil yang lebih kompetitif dibandingkan tabungan dan deposito.

"Selagi Anda masih memiliki penghasilan, wujudkan impian untuk memiliki rumah tinggal. Siapkan keuangan Anda agar tidak ada penyesalan di kemudian hari," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siapkan Uang Muka untuk Miliki Rumah Pertama, Instrumen Investasi Apa yang Paling Pas?"

Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved