Kejaksaan Bisa Gugat Perusahaan Penunggak Retribusi, Masih Tunggu Surat Kuasa dari Pemkab Klungkung

Pemkab berencana meminta bantuan Kejaksaan Klungkung untuk menagih tunggakan retribusi dari 6 perusaan cruise yang membawa wisatawan ke Nusa Penida

Kejaksaan Bisa Gugat Perusahaan Penunggak Retribusi, Masih Tunggu Surat Kuasa dari Pemkab Klungkung
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kasi Datun (Perdata dan Tata Usaha Negara) Cokorda Agung Indra Sunu (kanan) dan Kasi Intel Kejari Klungkung Gusti Ngurah Anom Sukawinata, saat ditemui di kantor Kejari Klungkung, Senin (9/9/2019). Kejaksaan Bisa Gugat Perusahaan Penunggak Retribusi, Masih Tunggu Surat Kuasa dari Pemkab Klungkung 

Kejaksaan Bisa Gugat Perusahaan Penunggak Retribusi, Masih Tunggu Surat Kuasa dari Pemkab Klungkung

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Pemkab berencana akan meminta bantuan Kejaksaan Klungkung untuk menagih tunggakan retribusi dari 6 perusaan cruise yang membawa wisatawan ke Nusa Penida.

Kejaksaan Negeri Klungkung pun menyambut baik, dan masih menunggu surat kuasa khusus dari pemkab untuk menjalankan tugas tersebut.

Kasi Datun (Perdata dan Tata Usaha Negara) Kejari Klungkung Cokorda Agung Indra Sunu, seizin Kajari Klungkung Otto Sompotan mengungkapkan, melakukan penagihan terhadap tunggakan yang dipungut pemerintah merupakan salah satu fungsi dari Kasi Datun.

Mekanismenya ada surat resmi dari pemkab, untuk meminta bantuan hukum ke kejaksaan.

Selain itu, kejaksaan juga masih menunggu surat kuasa khusus dari pemkab untuk melaksanakan fungsi tersebut.

Terlebih saat melakukan penagihan, nantinya Kejaksaan Negeri Klungkung bergerak atas nama pemda.

"Kami memang ada fungsi melakukan penagihan tunggakan retribusi yang dipungut daerah, sesuai undang-undang. Itupun harus ada surat kuasa khusus dari pemda, karena nantinya kami bergerak atas nama pemda," ujar Cokorda Agung Indra Sunu, didampingi Kasi Intel Kejari Klungkung, I Gusti Ngurah Anom Sukawinata.

Jika telah diberikan kuasa oleh pemda untuk melakukan penagihan tunggakan, nantinya kejaksaan bersama pemda akan melakukan pertemuan dengan swasta yang menunggak retribusi.

Nanti akan dilakukan negosiasi hingga ada kesepakatan.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved