BMKG : Awal Musim Hujan di Bali Tahun Ini Mundur Dari Tahun Lalu

Atau apabila dibandingkan dengan rata-rata awal musim hujan di Pulau Bali diprakirakan mundur (lebih lambat) dari rata-ratanya.

BMKG : Awal Musim Hujan di Bali Tahun Ini Mundur Dari Tahun Lalu
Net
Ilustrasi hujan 

TRIBUN BALI.COM, KUTA - Prakiraan awal musim hujan 2019/2020 di Provinsi Bali diprakiraan baru akan dimulai pada awal bulan November mendatang.

Berdasar hasil analisis serta pertimbangan kondisi fisis dan dinamika atmosfer, Prakiraan Musim Hujan tahun 2019/2020 pada 15 Zona Musim (ZOM no 205 s/d 219) di Bali Prakirakan umumnya berkisar pada bulan November 2019.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan, Rabu (11/9/2019).

Taufik menjelaskan lebih rinci secara umum Awal Musim Hujan (AMH) di wilayah Bali diprakiraan masuk bulan November (sebanyak 73%) dan bulan Desember (sebanyak 27%).

Daerah yang diprediksi memasuki pada November dasarian 1 yaitu Jembrana, Buleleng bagian selatan, Tabanan, Badung bagian utara, Gianyar bagian utara dan Bangli bagian selatan.

Lalu prediksi AMH pada November dasarian 2 dan 3 meliputi wilayah Jembrana bagian barat, Buleleng bagian tengah, Karangasem bagian tengah, Tabanan bagian selatan, Badung bagian selatan dan Bangli bagian utara.

Sedangkan wilayah yang terakhir memasuki Musim Hujan pada Desember dasarian 1 dan 2 diantaranya adalah Jembrana bagian barat, Buleleng bagian barat dan timur, Karangasem bagian utara, timur dan selatan, serta Nusa Penida.

Atau apabila dibandingkan dengan rata-rata awal musim hujan di Pulau Bali diprakirakan mundur (lebih lambat) dari rata-ratanya.

“Kemunduran awal musim hujan bervariasi dan kita menghitungnya per 10 hari atau satu dasarian. Ada yang mundur satu sampai dua hingga tiga dasarian,” imbuhnya.

Padahal biasanya di bulan September sudah mulai masuk musim hujan tapi ini mundur hingga awal November.

Diperkirakan puncak musim hujan akan terjadi pada Januari - Februari 2020 mendatang.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved