Gedung Baru Harus Pastikan Kinerja Meningkat, Pengamat Harapkan Dewan Makin Aspiratif & Responsif

Wacana pembangunan gedung baru di DPRD Bali untuk penempatan satu anggota satu ruangan, mendapat tanggapan dari pengamat politik

Gedung Baru Harus Pastikan Kinerja Meningkat, Pengamat Harapkan Dewan Makin Aspiratif & Responsif
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Pengamat politik Universitas Warmadewa, I Nyoman Wiratmaja. Gedung Baru Harus Pastikan Kinerja Meningkat, Pengamat Harapkan Dewan Makin Aspiratif & Responsif 

Gedung Baru Harus Pastikan Kinerja Meningkat, Pengamat Harapkan Dewan Makin Aspiratif & Responsif

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Wacana pembangunan gedung baru di DPRD Bali untuk penempatan satu anggota satu ruangan, mendapat tanggapan dari pengamat politik Universitas Warmadewa, I Nyoman Wiratmaja.

Menurutnya dasar pertimbangan wacana pembangunan gedung tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan.

Wiratmaja mempertanyakan apakah ruangan semacam itu benar-benar menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas kinerja dewan. 

Selanjutnya, dengan dibaginya satu ruangan per dewan apakah akan menambah kualitas komunikasi intra dan antar anggota, atau malah menguranginya.

Ataukah tujuannya menjadi sekadar ruangan pribadi untuk lebih menjamin privasi agar lebih nyaman menerima tamu atau nyaman mengerjakan tugas-tugas. 

“Kemudian apakah itu sangat mendesak harus segera terwujud atau baru sekadar wacana,” tanya Wiratmaja di Denpasar, Rabu (11/9/2019).

Wiratmaja menambahkan, sebaiknya apapun rencana dewan semestinya berkaitan dengan peningkatan kinerja yang hubungannya dengan fungsi legislasi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas inisiatif dewan. 

Disamping itu, diharapkan fungsi pengawasan agar semakin efektif dan peningkatan fungsi budgeting yang benar-benar pro rakyat dan kebocoran anggaran dapat diminimalisir.

“Boleh saja dibuatkan ruang pribadi asal seperti catatan, ada peningkatan kepercayaan anggota dewan yang semakin aspiratif dan responsif,” ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved