Krama Gianyar Tak Perlu Antre Lagi, Disdukcapil Kini Terapkan Sistem Online

Sistem berbasis internet ini memudahkan masyarakat memantau jalannya dokumen yang diurus dan dapat memantau melalui handphone

Krama Gianyar Tak Perlu Antre Lagi, Disdukcapil Kini Terapkan Sistem Online
Tribun Bali/Eri Gunarta
Suasana antrean di Kantor Disdukcapil Gianyar, Selasa (10/9/2019). Sebelum diterapkan sistem online, biasanya membludak jumlah masyarakat yang mengantre. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gianyar, akhirnya menerapkan tracking dokumen, Selasa (10/9/2019).

Sistem berbasis internet ini memudahkan masyarakat memantau jalannya dokumen yang diurus.

Dengan sistem ini, masyarakat dapat memantau melalui handphone.

Selain itu, sistem berbasis online ini dapat mempermudah Disdukcapil Gianyar merespons keluhan masyarakat. Namun yang terpenting, cara ini dapat mengurangi jumlah antrian.

Kepala Disdukcapil Gianyar, Putu Gede Bayangkara, Selasa (10/9/2019) mengatakan sistem berbasis online ini telah dirancang sejak Mei 2019 lalu. Pihaknya pun bersyukur sistem ini bisa direalisasikan saat ini.

Menurut dia, ada berbagai hal positif dari sistem ini. Mulai dari pengurangan jumlah antrian hingga menghemat waktu masyarakat dalam memantau dokumen yang diurus.

Kata dia, secara umum rata-rata masyarakat datang ke Disdukcapil Gianyar sebanyak 300 orang per hari.

Masyarakat yang datang, tidak hanya melakukan perekaman atau pengambilan e-KTP yang sudah tercetak.

Namun sebagian besar masyarakat melakukan konsultasi, pengaduan, maupun mencari tahu sudah sampai tahap apa proses administrasi kependudukan yang mereka lakukan.

Melalui sistem ini, kepentingan-kepentingan yang hanya berkaitan dengan informasi, bisa dilakukan hanya melalui smartphone.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved