Tips Sehat untuk Anda

Obesitas pada Anak? Kenali Gejala dan Cara Menghindarinya

Mudah lelah akibat obesitas akan menurunkan kemampuan belajar dan ketidakmampuan anak untuk memobilisasi diri sendiri

Obesitas pada Anak? Kenali Gejala dan Cara Menghindarinya
Tribun Wow
Ilustrasi obesitas pada anak - Obesitas pada Anak? Kenali Gejala dan Cara Menghindarinya 

Obesitas pada Anak? Kenali Gejala dan Cara Menghindarinya

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, BALI - Ditemukannya kasus obesitas pada anak di Karawang menimbulkan kekhawatiran tersendiri. 

Sebagaimana diketahui bahwa kondisi obesitas pada anak akan mempermudah terjadinya penyakit-penyakit pada anak-anak tersebut, seperti resitensi insulin dan DM tipe 2, hipertensi, hiperlipidemia, gangguan jantung, gangguan pada hati dan ginjal, gangguan pada sendi.

Keluhan-keluhan yang sering muncul pada mereka yang mengalami obesitas adalah gangguan bernapas, sleep apnue (sesak napas saat tidur), gangguan konsentrasi.

Selain itu mudah lelah yang tentunya akan menurunkan kemampuan belajar dan ketidakmampuan untuk memobilisasi diri sendiri.

Keadaan ini mendesak kita untuk memberikan perhatian lebih pada kasus ini, karena masa depan bangsa bergantung pada tingkat kesehatan mereka saat ini.

Jika obesitas anak ini terabaikan maka pada akhirnya akan menurunkan kualitas angkatan kerja kita di masa mendatang dan menurunkan kemampuan negara dalam berkompetisi di tingkat dunia. 

dr Michael Triangto, SpKO (spesialis kedokteran olahraga) di RS Mitra Kemayoran dan juga Direktur Slim and Health Sport Centre Jakarta mengatakan, secara klasik mengatasi obesitas pada pasien dewasa adalah dengan mengurangi asupan kalori melalui program diet yang sehat dan meningkatkan aktivitas fisik.

“Namun hal ini tidak dapat langsung diaplikasikan pada anak karena mereka bukanlah miniatur orang dewasa,” imbuhnya, Rabu (11/9/2019) kepada tribun-bali.com.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved