Tips Sehat untuk Anda

Mengenal Trypophobia dan Cara Mengobatinya

Efek yang dapat ditimbulkan pada penderita bisa berupa geli, takut, jijik, mual, gatal, dan sebagainya

Mengenal Trypophobia dan Cara Mengobatinya
p_saranya via Kompas.com
Bagian kepala biji teratai, ilustrasi Trypophobia atau takut pada lubang. Mengenal Trypophobia dan Cara Mengobatinya 

TRIBUN-BALI.COM - Salah satu ponsel terbaru keluaran brand ternama asal Amerika Serikat disebut-sebut tidak cocok bagi seseorang yang memiliki ketakutan terhadap bentuk lubang atau trypophobia.

Pasalnya, ponsel tersebut memiliki 3 bulatan yang merupakan lensa kamera di bagian belakangnya, dan itu membuat siapapun yang mengidap phobia ini merasa tidak nyaman.

Efek yang dapat ditimbulkan pada penderita bisa berupa geli, takut, jijik, mual, gatal, dan sebagainya.

Dikutip dari artikel Kompas.com dengan judul Trending di Twitter, Apa Itu Trypophobia?, dilansir dari Hello Sehat, trypophobia merupakan jenis fobia (ketakutan) terhadap bentuk lubang-lubang yang diciptakan oleh alam atau bentuk melingkar seperti gelembung.

Umumnya, pola lubang atau gelembung ini terdapat pada permukaan kulit, daging, kayu, tumbuhan, karang, spons, jamur dan sarang lebah.

Adapun reaksi yang muncul dari orang dengan trypophobia akan merasakan gejala seperti jijik, mual, merasa takut, cemas dan gatal ketika melihat pola lubang atau benjolan yang berkumpul secara reguler.

Bahkan, pada kondisi tertentu juga bisa menimbulkan rasa mual hingga muntah, karena apa yang mereka lihat benar-benar menjijikkan.

Sementara itu, dokter spesialis kesehatan jiwa yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia Jakarta Utara, dr Dharmawan Ardi Purnama SpKJ, menjelaskan, tidak ada diagnosa (cara mengetahui) seseorang mengidap trypophobia.

"Tidak ada diagnosis. Paling masuknya ke fobia spesifik," ujar Dharmawan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/9/2019).

"Jadi mendiagnosisnya sesuai kriteria fobia saja," kata dia.

Halaman
1234
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved