Pemindahan Ibu Kota Bikin Milenial Makin Sulit Punya Rumah?

Bhima menyoroti salah satu persoalan yang jadi masalah yaitu harga tanah yang sontak melonjak

Pemindahan Ibu Kota Bikin Milenial Makin Sulit Punya Rumah?
Tribun Bali/Prima/Dwi S.
Infografis pemindahan ibu kota baru dari Jakarta ke Kutai Kertanegara Kalimantan Timur. Pemindahan Ibu Kota Bikin Milenial Makin Sulit Punya Rumah? 

Pemindahan Ibu Kota Bikin Milenial Makin Sulit Punya Rumah?

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pemindahan Ibu Kota Bikin Milenial Makin Sulit Punya Rumah?

 Ekonom Institute for Development on Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menilai pemerintah terlalu percaya diri dalam memutuskan rencana pemindahan Ibu Kota.

Menurutnya, rencana pemindahan Ibu Kota justru bukan menjadi solusi permasalahan yang ada di Jakarta, melainkan dapat menjadi masalah baru.

Bhima menyoroti salah satu persoalan yang jadi masalah yaitu harga tanah yang sontak melonjak.

Pasalnya, bagi generasi milenial mahalnya harga tanah tentu akan menghambat keinginan mereka yang ada di Ibu Kota baru atau yang akan pindah ke Ibu Kota baru untuk memiliki rumah.

"Saya mau bilang nanti kalau milenial beli tanah di Ibu Kota baru enggak akan kebeli. Sekarang saja sekitar 15 persen milenial masih tinggal sama orangtua. Karena tidak kuat menyewa," ujar Bhima dalam sebuah diskusi di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Menurut Bhima, hal tersebut dikarenakan generasi milenial memiliki keunikan tersendiri.

Generasi tersebut dinilai cenderung lebih konsumtif terutama dalam hal yang berkaitan dengan pola konsumsi dan gaya hidup.

Lebih lanjut Bhima menyontohkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) misalnya, yang nantinya akan ikut pindah ke Ibu Kota baru akan sangat kesulitan untuk bisa membeli rumah karena mahalnya lahan di Ibu Kota tersebut.

"Yang kasihan ASN yang di sini sudah keburu nyicil rumah dan tenornya 30 tahun. Tiba-tiba Presiden enak banget nyuruh pindah ke Ibu Kota," kata Bhima.

Oleh karena itu, lanjut Bhima, keputusan pemindahan ibu kota jangan hanya dilihat dari permasalahan yang ada di Jakarta saja.

Akan tetapi, pemindahan tersebut dapat membawa dampak yang lebih baik pada pertumbuhan ekonomi minimal 7 persen.

(Kompas.com/Desy Kristi Yanti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ibu Kota Pindah, Milenial Makin Sulit Punya Rumah?

Editor: Irma Budiarti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved