Terkait Kas PHDI yang Kosong, Disbud Badung Sebut PHDI Sudah Terima Bantuan

Usulan PHDI Kabupaten Badung untuk mendapatkan dana oprasional dari Pemerintah Kabupaten Badung disikapi Dinas Kebudayaan Badung.

Terkait Kas PHDI yang Kosong, Disbud Badung Sebut PHDI Sudah Terima Bantuan
kompas.com
Ilustrasi dana hibah. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Usulan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Badung untuk mendapatkan dana oprasional dari Pemerintah Kabupaten Badung disikapi Dinas Kebudayaan (Disbud).

PHDI langsung diberikan dana Rp 126 juta lebih.

Kadisbud Badung, Ida Bagus Anom Bhasma membenarkan jika pihaknya tidak memberikan dana untuk PHDI di tahun 2019.

Hanya saja ia membantah jika PHDI tidak pernah mendapat bantuan.

Menurutnya PHDI malah diutamakan oleh pemerintah kabupaten Badung untuk diberikan bantuan.

"Sistemnya begini, dana itu keluar, ketika mereka mengusulkan kegiatan yang akan mereka lakukan, termasuk menjalankan program-programnya. Sehingga uang yang diberikan bisa dipertanggung jawabkan dengan bukti pembayaran. Namun untuk masalah ini PHDI belum ada memberikan usulan terkait programnya. Jadi kami tidak tahu dana yang dibutuhkan," ujarnya dikonfirmasi Rabu (11/9/2019) kemarin.

Ia mengatakan untuk tahun 2019 ini, PHDI tidak mengajukan program.

Akan tetapi kata dia, sesuai perintah Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta PHDI tetap diberikan anggaran untuk membuat program yang akan dilaksanakan. 

"Tahun 2019 kami berikan mereka dana sebesar Rp 126 juta lebih, itu untuk kegiatan srada bakti dalam beragama Hindu sebesar Rp 84 juta dan kegiatan paruman sulinggih sebesar Rp 42 juta lebih," jelasnya sembari mengatakan pihaknya juga memberi BBM sehari-hari dan BBM dalam bentuk kupon sebanyak 360 liter, yang kalau ditolal bisa mencapai Rp 230 juta.

Birokrat asal Desa Taman itu mengatakan, dalam anggaran yang diberikan, PHDI juga diberikan belanja pakaian adat daerah sebesar Rp 54 juta. 

Halaman
1234
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved