Bentuk Desa Tangguh Bencana, BPBD Berikan Pendampingan Langsung

Dalam membentuk desa tangguh bencana, BPBD Badung akan memberikan pendampingan

Bentuk Desa Tangguh Bencana, BPBD Berikan Pendampingan Langsung
BPBD Badung
BPBD Badung saat melakukan pendampingan desa tangguh bencana di Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abianemal, Badung, Bali, Kamis (12/9/2019). Bentuk Desa Tangguh Bencana, BPBD Berikan Pendampingan Langsung 

Bentuk Desa Tangguh Bencana, BPBD Berikan Pendampingan Langsung

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Dalam membentuk desa tangguh bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung akan memberikan pendampingan di Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abianemal, Badung, Bali, Kamis (12/9/2019).

Desa Mekar Bhuana adalah satu dari 11 desa/kelurahan di Badung yang diproyeksikan menjadi desa tangguh bencana.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Badung, I Wayan Netra mengatakan, pemberian pendampingan itu dilakukan untuk pengembangan desa tangguh bencana lebih lanjut, baik dari peningkatan kapasistas desa maupun penganggaran.

"Kami akan bentuk desa tangguh bencana. Sehingga nanti bisa meningkatkan desa dalam penanggulangan bencana," ungkapnya kemarin.

Menurut Netra, pembentukan desa tangguh bencana bertujuan mengajak peran aktif masyarakat dalam mengurangi risiko bencana.

Harapannya, bukan saja pemerintah yang melakukan penanganan kedaruratan, melainkan desa juga memiliki kapasitas melakukan penanganan kedaruratan secara mandiri.

Bila desa sudah bertatus desa tangguh bencana, maka desa tersebut bisa ikut menyediakan peralatan yang dibutuhkan melalui anggaran yang ada di desa.

“Jadi tidak bergantung sepenuhnya kepada pemerintah,” jelasnya

Pada tahun 2019 ini, lanjut Netra, BPBD Badung menargetkan pembentukan desa tangguh bencana di 11 desa se-Badung.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved