Sponsored Content

BPJS Kesehatan Goes To Satker Berikan Kemudahan OPD di Klungkung

Kegiatan yang sebelumnya rutin dilakukan ini dianggap sangat membantu para ASN di wilayah Kabupaten Klungkung.

BPJS Kesehatan Goes To Satker Berikan Kemudahan OPD di Klungkung
istimewa
BPJS Kesehatan Goes To Satker Berikan Kemudahan OPD di Klungkung 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Klungkung memfasilitasi Kegiatan Mobile Costumer Service (MCS) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Klungkung yang diberi nama program BPJS Kesehatan Goes To Satker.

MCS ini adalah merupakan kegiatan BPJS Kesehatan dengan turun langsung ke lapangan memberikan pelayanan administrasi kepesertaan kepada masyarakat baik itu pendaftaran, perubahan data, maupun pelayanan informasi lainnya.

Kegiatan yang sebelumnya rutin dilakukan ini dianggap sangat membantu para ASN di wilayah Kabupaten Klungkung.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ida Ayu Putu Rianggina (38) yang secara langsung telah merasakan manfaat dari adanya MCS ini.

“Kami selaku ASN sangat merasa terbantu dengan kegiatan ini, karena tentunya kami dapat menghemat waktu karena tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesejatan dan mengantri untuk memperoleh pelayanan, selain itu kami juga dapat lebih banyak waktu untuk mengakses informasi tentang kepesertaan seperti tata cara perubahan data dan tentunya aplikasi mobile JKN,” ungkap Dayu yang bekerja sebagai guru di salah satu SD di Nyanggelan Klungkung.

Kegiatan seperti ini memang rutin dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Klungkung sebagai salah satu media sosialisasi selain kegiatan-kegiatan lainnya seperti pameran, dan kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan mengundang BPJS Kesehatan.

Sebelumnya BPJS Kesehatan juga melaksanakan kegiatan door to door ke instansi di wilayah kerjanya untuk membantu penginstalan aplikasi Mobile JKN kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Klungkung.

Menurut Gusti Ayu Kadek Tutik Agustyari selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) yang membidangin langsung kegiatan ini menyatakan bahwa kegiatan jemput bola seperti ini akan terus dioptimalkan karena memberikan hasil yang cukup signifikan terhadap pelayanan kepada peserta.

Dengan kegiatan seperti ini pelayanan kepesertaan akan lebih efektif dan efisien dibandingkan menunggu kehadiran peserta ke kantor BPJS Kesehatan yang tentunya tidak dapat dipastikan mengingat waktu kerja dan kesediaan peserta yang enggan untuk mengantri.

“BPJS Kesehatan mengikuti perkembangan teknologi yang signifikan pada era industri 4.0 ini. Beragam inovasi yang memudahkan peserta melalui teknologi diciptakan oleh BPJS Kesehatan seperti misalnya mobile JKN, pendaftaran melalui care center 1500400 atau melalui website BPJS Kesehatan, namun hal tersebut harus disosialisasikan agar peserta memahami dan bahkan kita eksekusi di tempat untuk instalasinya, semua kita lakukan untuk memberi kemudahan kepada peserta yang terbatas waktunya untuk datang ke kantor, kami ingin peserta tidak ribet lagi karena saat ini kita menuntut adanya kemudahan dalam pelayana kepada masyarakat,” ungap Tutik sapaan akrabnya.

Selain itu ia menjelaskan bahwa kegiatan ini juga berupa kegiatan perubahan (updating) data ASN seperti NIK, Golongan, serta tanggungan bagi Anak usia lebih dari 21 tahun.

Peserta yang menjadi sasaran adalah seluruh OPD di Wilayah Kabupaten Klungkung termasuk SD, SMP dan Paud.

Jadwal kegiatan Goes To Satker ini adalah di Kantor Camat Banjarangkan pada tanggal 9-10 September 2019, Kantor Camat Dawan 12-13 September 2019, di ruangan Widya Mandala Pemkab Klungku 16-20 September 2019 dan Kantor Camat Nusa Penida 23-24 September 2019.

Harapannya ASN dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan memberikan solusi seperti apa yang dibutuhkan oleh ASN.(*)

Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved