Sponsored Content

Sinergisitas Kejaksaan-BPJS Kesehatan, Masyarakat yang Menunggak Iuran JKN-KIS Langsung Ditindak

Sinergisitas Kejaksaan Dengan BPJS Kesehatan, Masyarakat Tertilang Akan Sekaligus Ditindak Jika Menunggak Iuran JKN-KIS

Sinergisitas Kejaksaan-BPJS Kesehatan, Masyarakat yang Menunggak Iuran JKN-KIS Langsung Ditindak
istimewa
Sinergisitas Kejaksaan Dengan BPJS Kesehatan, Masyarakat Tertilang Akan Sekaligus Ditindak Jika Menunggak Iuran JKN-KIS 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Berbagai program instansi atau lembaga pemerintah mulai disinergikan untuk mendukung program-program pemerintah yang strategis dan bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah satu contoh sinergisitas program pemerintah yang nyata adalah kolaborasi antara kejaksaan dengan BPJS Kesehatan melalui sinergisitas program Kejaksaan Negeri Karangasem yaitu Jaksa Tilang keliling (Jatiling) dan Jaksa Karangasem Memasyarakat (Jakamas) dengan program Telecolecting penagihan tunggakan iuran BPJS Kesehatan cabang Klungkung.

Semangat tinggi sinergisitas program ini nampak dari keseriusan Kajari Karangasem dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung yang memutuskan untuk perpcepatan proses-proses dalam kegiatan dalam program ini, bahkan koordinasi yang dilakukan pada hari selasa (07/09/2019) langsung menghasilkan keputusan bahwa hari jadwal sidang tilang pada hari Kamis (09/09/2019) di Kantor Kejaksaan negeri Karangasem langsung melibatkan BPJS Kesehatan untuk melakukan penagihan kepada masyarakat yang terkena tilang yang tercatat pada sistem BPJS Kesehatan memiliki tunggakan iuran Jaminan Kesehatan nasional kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala Kejaksaan Negeri Karangasem, Joko B Darmawan menegaskan bahwa sinergisitas inovasi program ini adalah merupakan kewajiban bagi kedua lembaga pemerintah untuk menyukseskan program pemerintah sesuai dengan tanggungjawabnya masing-masing.

Kejari Karangasem sendiri memang dari tahun 2015 telah menjalin kerja sama yang baik dengan BPJS Kesehatan untuk urusan Perdata dan Tata Usaha Negara, karena ada tugas Jaksa Pengacara Negara (JPN) yang melekat pada Kejaksaan.

“Kami sangat mendukung program JKN-KIS, Sinergisitas ini adalah salah satu bukti nyata dukungan kami, kami ingin program yang sangat baik ini dapat dinikmati oleh masyarakat, melalui inovasi yang kami lakukan ini kami berharap masyarakat dapat memenuhi kewajiban mereka dalam program JKN-KIS yaitu pembayaran iuran sesuai apa yang dibebankan oleh Undang-Undang. bersamaan dengan program Jatiling ini nantinya masyarakat yang terkena tilang dan melakukan sidang ke Kejaksaan akan langsung dicek oleh petugas BPJS Kesehatan yang kami tempatkan disini, jika terdeteksi menunggak maka akan langsung diedukasi untuk melunasi di tempat mengingat ada juga loket BRI yang dibuka di kegiatan Jatiling ini,” tegas Joko.

Ia pun menyampaikan bahwa selain Jatiling ini, pihaknya bersama BPJS Kesehatan berencana mengundang 30 orang peserta menunggak dan akan diberikan sosialisasi di kantor Kejaksaan agar melunasi tunggakannya.

Ia meyakini kegiatan ini akan efektif dan mampu merubah mindset masyarakat yang menunggak membayar iuran.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, Endang Triana Simanjuntak menyampaikan secara antusias mengenai sinergisitas ini, pihaknya sangat yakin bahwa adanya Kejari akan mampu memberikan efek positif terhadap keberlangsungan program JKN-KIS khususnya untuk kegiatan-kegiatan yang memang berkaitan dengan hukum yang timbul dari dilanggarnya kewajiban-kewajiban pada program ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kejari Karangasem yang selama ini sangat kooperatif kepada program JKN-KIS, mulai dari penegakan kepatuhan hingga sinergisitas program Jatiling dan Jakamas ini, kami berharap masyarakat akan lebih patu untuk memenuhi kewajiban mereka, karena jika tidak maka mereka akan berurusan dengan petugas kolekting kami dan juga kejaksaan. Kami akan terus mengembangkan kerjasama ini melalui program-program yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat melalui keberlangsungan program JKN-KIS yang sangat dibutuhkan oleh penduduk Indonesia,” ungkap Endang.(*)

Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved