Charlie Cole Sang Fotografer Tragedi Tiananmen 1989 di China "Tank Man" Meninggal Dunia di Bali

Salah satu fotografer kenamaan yang mengabadikan peristiwa tragedi Tiananmen di China pada 1989 silam, Charlie Cole meninggal dunia di Bali.

Charlie Cole Sang Fotografer Tragedi Tiananmen 1989 di China
Sipa/Shutterstock via BBC
Foto fenomenal Tank Man yang memperlihatkan seorang pria berdiri di depan konvoi tank saat tragedi Tianenmen di China berlangsung pada Juni 1989. Salah satu fotografer yang memotretnya, Charlie Cole, diketahui meninggal pekan lalu di Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Salah satu fotografer kenamaan yang mengabadikan peristiwa tragedi Tiananmen di China pada 1989 silam, Charlie Cole meninggal dunia di Bali

Untuk diketahui Charilie Cole adalah fotografer yang berhasil mengabadikan foto "Tank Man" dalam jepretan kameranya.  

Dilansir via Kompas.com, Charlie Cole, dilaporkan meninggal dunia di Bali pada pekan lalu. 

Bersama tiga pewarta foto lainnya, Cole menjepret momen ketika seorang pria berdiri di depan konvoi tank ketika pasukan China berusaha membubarkan demonstran.

Foto yang diambil sehari setelah aksi penindakan yang diduga berujung kepada kematian ratusan orang itu menjadi simbol pergerakan pro-demokrasi di Negeri "Panda".

Dilaporkan BBC Jumat (13/9/2019), Cole meninggal dalam usia 64 tahun di Bali, Indonesia, pekan lalu, di mana dia tinggal dalam 15 tahun terakhir.

Cole memang tidak sendiri.

Selain dia, terdapat fotografer lain bernama Jeff Widener yang bekerja bagi kantor berita Associated Press (AP). Pewarta foto asal Amerika Serikat (AS) itu mengambil foto menggunakan lensa panjang dari balkon hotel, dan menempatkan "Tank Man" di pojok kanan bawah.

Pria yang bekerja bagi sejumlah media seperti Newsweek itu menerima penghargaan 1990 World Press Photo, termasuk juga mengunggah publik dunia.

Diwartakan SCMP, Cole mengingat momen ketika pria berbaju putih itu berjalan di tengah Changan Avenue tatkala tank dan kendaraan berat melintas.

Halaman
123
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved