Unik, Lomba Masak Dalam Bambu Meriahkan Art Food Festival APJI

Ada yang unik dalam helatan Art Food Festival Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) di Pantai Mertasari, Sanur

Unik, Lomba Masak Dalam Bambu Meriahkan Art Food Festival APJI
Tribun Bali/Rizal Fanany
Sejumlah juri melakukan penilaian lomba kuliner dalam Artfood Festival 2019 di area parkir Pantai Mertasari,Sanur, Jumat (13/9/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ada yang unik dalam helatan Art Food Festival Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Jumat (13/9/2019).

Dalam Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasa Boga itu juga dimeriahkan dengan berbagai lomba, salah satunya yakni Lomba Masak Dalam Bambu.

Seperti diketahui, jauh sebelum era teknologi hadir, memasak menggunakan bambu menjadi metode alternatif dalam mengolah bahan makanan, mulai dari menanak nasi, membakar ikan hingga dijadikan wadah makanan.

Berangkat dari inilah festival ini digelar. Total ada 9 peserta yang memeriahkan lomba ini. Para peserta tampak cekatan melakukan platting (menata makanan).

Berbagai menu masakan dihadirkan mulai masakan Bali, masakan tradisional Jawa dan aneka macam ikan bakar.

Panitia Lomba Masak Dalam Bambu ArtFood Festival APJI, Bella Oktavia menuturkan, lomba ini digelar untuk kembali mengangkat cita rasa makanan tradisional, khususnya dengan menggunakan bambu.

Bocah 3 Tahun Ini Meninggal Seusai Makan Nasi Goreng PM-TAS Dari Sekolah Kakaknya

Pohon Tumbang Timpa Sejumlah Pura, BPBD Badung Sempat Kewalahan Lakukan Evakuasi

''Teknik alternatif memasak menggunakan bambu memang sengaja ingin kembali diangkat oleh APJI. Selain unik, cita rasanya juga gak kalah dengan teknik memasak modern,'' katanya kepada Tribun Bali.

Dalam lomba ini, rasa tetap menjadi kriteria penilaian utama, selebihnya lebih kepada teknik platting, aroma dan tentunya penggunaan alat bambu dalam menu masakan.

Artfood Festival ini sendiri diadakan sebagai upaya promosi aneka ragam kuliner dan produk jasa boga nusantara yang terdiri dari berbagai macam etnis dan budaya.

Total ada 130 peserta dari berbagai daerah di nusantara yang menampilkan kuliner unggulannya di sini.

Halaman
123
Penulis: eurazmy
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved