Denpasar Akan Punya 3 SMP Negeri Baru

Sejak penerapan sistem zonasi membuat Dinas Pendidikan Kota Denpasar berancang-ancang kembali menambah jumlah sekolah

Denpasar Akan Punya 3 SMP Negeri Baru
Ilustrasi: Tribun Bali/Dwi Suputra
Ilustrasi PPDB 2019 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Seperti diketahui, sejak penerapan sistem zonasi membuat Dinas Pendidikan Kota Denpasar berancang-ancang kembali menambah jumlah sekolah.

Saat ini, jumlah sekolah SMP Negeri di Denpasar memang terbilang sedikit, hanya ada 13 sekolah hingga saat ini.

Sebab itu, Disdik mulai merancang penambahan sekolah SMP Negeri tambahan. Total ada 3 sekolah SMP baru yang nanti akan ditambah yakni SMP Negeri 14, 15 dan 16.

Kepala Disdikpora Kota Denpasar Wayan Gunawan menuturkan, progres penambahan tiga sekolah tersebut hingga saat ini sedang dalam tahap perancangan anggaran hingga memastikan lokasi sekolah bakal dibangun.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat SMP 14 yang rencananya dipusatkan di kawasan Denpasar Timur sudah dalam tahap pembahasan KUAPPAS.

Untuk persoalan lahan pun sudah mulai ada titik terang karena ada lahan hibah dari Gubernur Provinsi Bali sebanyak 2,4 hektare di wilayah Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur untuk membangun sekolah.

Sementara, SMP 15 dipusatkan di Denpasar Selatan masih dalam tahap pembuatan Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED). Sedangkan untuk SMP 16 masih dalam tahap perencanaan.

''Lebih lanjut, termasuk soal lokasi dimana tiga sekolah baru ini nantinya belum bisa dipastikan. Terpenting adalah hal ini sudah disetujui semua pihak,'' katanya dihubungi Tribun Bali.

Sebagaimana diketahui, ia juga menerima beberapa masukan kawasan prioritas untuk dibangun sekolah yakni di kawasan Sidakarya, Sesetan dan Denpasar Barat misalnya.

Namun, ia juga tak bisa langsung menerima masukan itu begitu saja, karena rupanya kondisi serupa juga terjadi di Denpasar Utara dan Denpasar Timur yang mana letak sekolah tidak terjangkau dari rumah penduduk.

Halaman
12
Penulis: eurazmy
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved