Pura Taman Ayun Dilengkapi Teater Mini, Kini Kunjungan Sampai 1.200 Orang Sehari

Obyek wisata Pura Taman Ayun, Mengwi,kini dilengkapi dengan teater mini dan galeri foto bernilai sejarah.

Pura Taman Ayun Dilengkapi Teater Mini, Kini Kunjungan Sampai 1.200 Orang Sehari
Tribun Bali/Agus Aryanta
Panglingsir Puri Ageng Mengwi, Anak Agung Gde Agung menunjukkan sebuah foto sejarah yang dipajang di galeri foto Obyek Wisata Taman Ayun, Sabtu (14/9/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Obyek wisata Pura Taman Ayun, Mengwi, Badung kini dilengkapi dengan teater mini yang menayangkan sejarah singkat tempat yang kini menjadi warisan budaya dunia yang diakui UNESCO tersebut.

Ada juga ruangan yang memajang foto-foto bernilai sejarah.

Pantauan Tribun Bali, dalam teater tersebut diputar film pendek seputar keberadaan Pura Taman Ayun termasuk ritual yang sempat digelar di dalamnya.

“Filmnya, kurang lebih selama 5 menit. Jadi ini adalah bagian dari komitmen kami, sebagai salah satu wujud keseriusan dalam melestarikan budaya kita. Intinya juga bisa melihat sejarah yang ada,” kata Panglingsir Puri Ageng Mengwi, Anak Agung Gde Agung, Sabtu (14/9/2019).

Terkait dengan galeri foto, dokumen-dokumen sejarah itu menceritakan tentang sejarah dengan kisah raja-raja di Puri Ageng Mengwi dan juga tradisi yang ada.

Anak Agung Gde Agung mengungkapkan, kunjungan wisatawan ke Pura Taman Ayun kini lumayan meningkat.

Sebelumnya rata-rata per hari sekitar seribu wisatawan. Namun dengan adanya tambahan galeri foto, sketsa, hingga teater mini kata dia terjadi peningkatan.

“Ini merupakan daya tarik wisatawan juga. Tidak hanya bisa melihat bangunan kuno, namun juga bisa melihat sejarah yang ada di Badung,” jelasnya.

Bahkan ada foto yang menampilkan kedatangan Presiden Soekarno bersama tamu kenegaraan. Kedatangan sang proklamator disambut Tjokorda Mengwi dan ritual yang dipimpin sulinggih.

“Bisa dilihat sendiri, momen-momen sejarah yang ada. Sehingga selain arsitektur bangunan juga ada cerita, gambar dan film yang bisa didapat saat mengunjungi Taman Ayun,” paparnya.

Di sisi lain, ditampilkan maket Pura Taman Ayun. Dari maket ini, wisatawan bisa melihat secara utuh denah pura yang dikelilingi kolam tersebut. Maket itu dipesannya secara khusus dari Bandung.

“Maket memang saya pesan khusus agar menyerupai Pura Taman Ayun. Jadi mana wantilan, jabe sisi dan jaba tengah itu kelihatan. Termasuk pelinggih-pelinggih yang ada,” ungkapnya.

Pada galeri sketsa, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih ini mengatakan dipajang puluhan sketsa berbagai jenis.

Masing-masing sketsa menampilkan spot tertentu di Pura Taman Ayun.

Saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke objek Taman Ayun sekitar 1.100 hingga 1.200 perhari. (*)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved