Ziarah ke Makam BJ Habibie, Xanana Gusmao: Rakyat Timor Leste Akan Mengenang Engkau Selamanya

Kedekatan yang terbangun antara BJ Habibie dan Xanana Gusmao sudah terjalin sejak lama bahkan hubungan keduanya seperti kakak dan adik.

Editor: Ady Sucipto
ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Presiden Pertama Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao atau Xanana Gusmao (kanan) didampingi Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto Xavier Pereira Carlos (kedua kanan) berziarah ke makam Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (15/9/2019).(ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI) 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Wafatnya Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie meninggalkan duka mendalam bagi sahabat dekatnya yang juga mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao

Kedekatan yang terbangun antara BJ Habibie dan Xanana Gusmao sudah terjalin sejak lama bahkan hubungan keduanya seperti kakak dan adik. 

Dilansir via Kompas.com, Bapak pendiri sekaligus presiden pertama Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao, berziarah ke makam presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie.

Bersama sejumlah mahasiwa Timor Leste, Xanana mengunjungi makam Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, untuk memberikan penghormatan terakhir.

"Para mahasiwa ini datang ke makam BJ Habibie untuk memberi penghormatan terakhir. Mereka merasakan kemerdekaan berkat kontribusi Habibie," terang Xanana Gusmao.

Xanana Gusmao Melayat ke Rumah Almarhum BJ Habibie & Sampaikan Dua Surat, Ini Isinya

Memerintah pada periode 1998-1999, Habibie dikenal tak hanya karena melakukan pemulihan ekonomi serta transisi demokrasi yang dianggap mulus.

Namun dia juga membebaskan sejumlah tahanan politik.

Termasuk saat itu Xanana yang dipenjara selama tujuh tahun, dan menyetujui referendum di Timor Leste (dulu Timor Timur).

Dilansir Antara Minggu (15/9/2019), Xanana datang didampingi oleh Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Alberto XP Carlos, dan sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto.

Kisah Habibie di Penghujung Kekuasaan Soeharto, Tak Pernah Bisa Lagi Bertemu Sang Presiden  

Xanana mengatakan, mahasiwa Timor Leste yang tengah belajar di Indonesia harus mengunjungi makam Habibie karena dia lah yang membantu pendirian negara itu.

Ketika BJ Habibie meninggal pada Rabu petang (11/9/2019), Xanana menyatakan mendiang presiden berusia 83 tahun itu sebagai sosok " kakak tertua".

""Rakyat Timor Leste akan mengenang engkau selamanya," terang mantan presiden berusia 73 tahun itu sebagaimana diberitakan The Guardian.

Sebuah video yang menyebar di media sosial memperlihatkan bagaimana Xanana Gusmao mencium kening Habibie yang saat itu terbaring sakit.

Habibie kemudian mengulurkan tangannya dan memegang kepala Xanana, yang kemudian mendaratkan kepalanya di dada mantan presiden yang dijuluki Mr Crack itu.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved