Pertama Kali Ada di DPRD Bali, Tata Cara Beracara Badan Kehormatan Diharapkan Tidak Memberatkan

Untuk pertama kalinya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali mengadakan aturan mengenai tata cara beracara bagi Badan Kehormatan

Pertama Kali Ada di DPRD Bali, Tata Cara Beracara Badan Kehormatan Diharapkan Tidak Memberatkan
Humas DPRD Bali
Pimpinan Rapat Tata Cara Beracara Badan Kehormatan DPRD Bali I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedasteraputri Suyasa saat ditemui awak media, Selasa (17/9/2019). Pertama Kali Ada di DPRD Bali, Tata Cara Beracara Badan Kehormatan Diharapkan Tidak Memberatkan 

Pertama Kali Ada di DPRD Bali, Tata Cara Beracara Badan Kehormatan Diharapkan Tidak Memberatkan

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Untuk pertama kalinya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali mengadakan aturan mengenai tata cara beracara bagi Badan Kehormatan di lembaga terhormat tersebut.

Pembahasan mengenai aturan tersebut dilaksanakan bersama dengan Kelompok Ahli DPRD Bali di Ruang Rapat Gabungan Lantai III Gedung DPRD Bali, Selasa (17/9/2019).

Pimpinan rapat pembahasan tata cara beracara Badan Kehormatan DPRD Bali I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedasteraputri Suyasa mengatakan bahwa aturan ini memang belum pernah diadakan sebelumnya.

"Jadi di periode ini (2019-2024) kita adakan, dan memang sudah ada studi banding (kelompok ahli) juga ke Jawa Barat," kata dia saat ditemui usai rapat berlangsung.

Menurutnya, aturan tata cara beracara ini untuk mengatur Badan Kehormatan dalam menerima laporan atau pengaduan hingga menghasilkan keputusan, ketika ada sebuah kasus yang masuk dalam pelanggaran tata tertib dan kode etik DPRD Bali.

Hadirnya aturan tata cara beracara ini agar Badan Kehormatan DPRD Bali mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam memanggil anggota yang diduga melakukan pelanggaran.

"Jadi ini sebagai SOP juga harus seperti apa. Jadi kan semua apa yang dilakukan itu harus ada aturan supaya tidak menyimpang," tegasnya.

Diah Srikandi mengusulkan, dalam pembahasan aturan tata cara beracara Badan Kehormatan DPRD Bali ini agar tidak memberatkan.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved