HS Dillon Dianugerahi Bintang Jasa Mahaputra, Abu Jenazah Pegiat HAM Dimakamkan di TMP Kalibata

Jenazah pegiat Hak Asasi Manusia (HAM), Harbrinderjit Singh Dillon atau yang akrab dikenal HS Dillon diberikan perlakuan khusus oleh negara.

HS Dillon Dianugerahi Bintang Jasa Mahaputra, Abu Jenazah Pegiat HAM Dimakamkan di TMP Kalibata
Tribun Bali/Rizal Fanany
Beri penghormatan - Ratusan Anggota TNI-POLRI menggelar upacara militer penyerahan jenasah tokoh Nasional HS Dillon dari pemerintah ke pihak keluarga di Rumah Duka RSAD, Denpasar ,Selasa (17/9/2019). HS Dillon meninggal dunia di Bali akibat sakit komplikasi yang ia derita. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Jenazah pegiat Hak Asasi Manusia (HAM), Harbrinderjit Singh Dillon atau yang akrab dikenal HS Dillon diberikan perlakuan khusus oleh negara. 

HS Dillon dianugerahi bintang jasa Mahaputra Utama dari pemerintah.

Pada Selasa (17/9), pihak keluarga HS Dillon secara resmi menyerahkan jenazah Dillon kepada negara untuk dikremasi di Krematorium Mumbul, Nusa Dua.

Penyerahan jenazah dilakukan oleh putra sulung HS Dillon, Harysetyaka Singh Dillon.

Kemudian, jenazah diterima secara simbolik oleh Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal Benny Susianto yang bertugas sebagai inspektur upacara militer pelepasan jenazah.

Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal Benny Susianto usai upacara mengatakan, usai dikremasi, nantinya abu jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

"Hari ini (kemarin) saya pimpin upacara pelepasan jenazah almarhum ke tempat untuk dikremasi karena beliau mendapatkan hak untuk diupacarai secara militer untuk pemakaman," kata dia.

Benny melanjutkan, HS Dillon bukan orang sembarangan.

Atas banyak jasa semasa hidupnya, HS Dillon dianugerahi bintang jasa Mahaputra Utama dari pemerintah.

Sebab itu berhak mendapatkan penghormatan secara militer.

Halaman
12
Penulis: eurazmy
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved