Panitia Tetap Akan Suguhkan Tari Rejang Massal Saat Pembukaan Nusa Penida Festival 2019

Pementasan Tari Rejang Renteng tersebut, dimaksudkan untuk mengiringi ritual pakelem yang dilaksanakan saat pembukaan Nusa Penida Festival.

Panitia Tetap Akan Suguhkan Tari Rejang Massal Saat Pembukaan Nusa Penida Festival 2019
Tribun Bali / Eka Mita Suputra
Penampilan tari Baris Jangkang saat pelaksanaan Nusa Penida Festival massal di Pantai Tulang Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida tahun 2017 silam. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Panitia penyelenggara tetap akan menyuguhkan Tari Rejang Renteng massal saat pembukaan Nusa Penida Festival (NPF) 2019 yang akan digelar pada 5 Oktober mendatang.

Tarian tersebut tetap disuguhkan, meskipun adanya keputusan bersama PHDI, Majelis Desa Adat, Dinas Kebudayaan Provinsi Bali terkait larangan pementasan tari sakral diluar kepentingan upacara agama.

Pementasan Tari Rejang Renteng tersebut, dimaksudkan untuk mengiringi ritual pakelem yang dilaksanakan saat pembukaan Nusa Penida Festival.

Panitia seksi acara Nusa Penida Festival, I Nyoman Widana memastikan saat pembukaan Nusa Penida Festival di Banjar Nyuh tetap akan menyuguhkan Tari Rejang Renteng.

Tarian ini disuguhkan untuk mengiringi ritual pekelem, yang akan dilaksanakan saat pembukaam NPF 2019.

"Ketika pembukaan NPF 2019 nanti ada ritual pakelem, inilah yang akan diiringi oleh tari rejang. Hanya saja penarinya dalam jumlah banyak," ungkap Widana, Kamis (19/9/2019).

Menurutnya, upacara pakelem di laut tersebut memang rutin digelar serangkaian NPF.

Selain untuk memohon keselamatan, ritual ini sebagai bentuk menghormati alam.

"Kami ingin menunjukan adanya ritual untuk menghormati alam, serangkaian NPF ini. Jadi sakralnya tarian jangan hanya dilihat dimana dan jumlah penarinya, tapi tujuan dari tari tersebut," ungkapnya.

Sementara seniman tari asal Klungkung Dewa Gde Alit Saputra, menanggapi keluarnya keputusan bersama.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved