Terbagi dalam 267 Kloter, Angkasa Pura Airports Layani Kepulangan 108 Ribu Jemaah Haji ke Tanah Air

Angkasa Pura Airports melalui 6 bandara yang dikelolanya sukses memfasilitasi kepulangan 108.507 jamaah haji dari Tanah Suci.

Terbagi dalam 267 Kloter, Angkasa Pura Airports Layani Kepulangan 108 Ribu Jemaah Haji ke Tanah Air
Kompas.com
Ilustrasi pesawat(rebelcircus.com) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, JAKARTAAngkasa Pura Airports melalui 6 bandara yang dikelolanya sukses memfasilitasi kepulangan 108.507 jamaah haji dari Tanah Suci.

Kepulangan ini terbagi dalam 267 kelompok terbang (kloter) dengan jumlah bagasi seberat 3.013 ton.

 
Seluruh proses kepulangan jemaah haji ini  yang berlangsung sejak 18 Agustus hingga 15 September 2019 ini berjalan dengan aman dan lancar.

 
Pada musim haji tahun ini, Angkasa Pura Airports menyiapkan 6 bandaranya sebagai embarkasi haji.

Enam bandara tersebut yaitu Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Lombok Praya, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

66 RS di Bali Hasilkan Limbah 3,3 Ton Sehari, Seluruhnya Diangkut dan Diolah ke Jawa

Polda Bali dan Kepolisian Canada Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

 
Pada proses kepulangan jemaah haji ini ada beberapa kejadian khusus, yaitu jemaah haji meninggal karena sakit sebanyak 12 orang dan jemaah haji sakit enam orang, di mana kebanyakan dari mereka memiliki tujuan ke Banjarmasin dan Makassar.

Hal ini disampaikan Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, Kamis (19/9/2019) melalui keterangan tertulisnya yang diterima tribunbali.com.

Adapun data jemaah haji meninggal karena sakit sebanyak enam orang dengan tujuan Bandara Lombok Praya, lima orang tujuan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, dan satu orang tujuan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. 

Semalaman Pelaku Dipantau Dekat ATM, 2 WN Polandia Tertangkap Kasus Skimming

Sementara jemaah haji yang jatuh sakit saat kepulangan sebanyak lima orang dengan tujuan Bandara Lombok Praya dan satu orang tujuan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

“Bandara Juanda Surabaya menjadi bandara menjadi yang terbanyak menerima kepulangan jemaah haji dengan 37.956 orang terbagi dalam 85 kloter, lalu Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 34.671 yang terbagi dalam 97 kloter,” ujar Faik Fahmi.

Sementara itu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar melayani kedatangan 18.078 jemaah (40 kloter), Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (6.767 jemaah/15 kloter), Bandara Syamsudin Noor (6.097 jemaah/19 kloter), dan Bandara Internasional Lombok (4.938 jemaah/11 kloter).

VIDEO SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Persija Jakarta vs Bali United

Gunakan Anggaran 1,5 M, Tukad Badung di Timur Jalan Imam Bonjol Mulai Ditata 

 
Total jemaah haji yang berangkat melalui enam bandara Angkasa Pura Airports dalam periode 6 Juli hingga 6 Agustus 2019 lalu adalah sebanyak 109 ribu jamaah haji yang terbagi dalam 267 kloter dengan total bagasi mencapai 2.123 ton.

 
"Secara keseluruhan pelaksanaan angkutan haji 2019 di enam bandara Angkasa Pura Airports berjalan dengan baik, aman, dan lancar. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah turut mendukung kualitas pelayanan dan operasional angkutan haji tahun ini," imbuh Faik Fahmi.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved