Analisis BMKG Soal Gempa di Laut Jawa Hingga Getaran Terasa di Bali, Proses Terjadinya Masih Misteri

Menurut BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), guncangan gempa yang terasa hingga jauh sekali itu bisa terjadi, karena gempa tersebut

Analisis BMKG Soal Gempa di Laut Jawa Hingga Getaran Terasa di Bali, Proses Terjadinya Masih Misteri
Tribun Bali/Putu Supartika
Sejumlah pegawai Pemkot Denpasar berhamburan menyelamatkan diri ketika gempa menggetarkan gedung Wali Kota Denpasar, Kamis (19/9/2019). 

 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA – Selain di beberapa wilayah di Jawa Timur dan Jawa Tengah, guncangan dua gempa yang berpusat di perairan sekitar perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah, Kamis (19/9), terasa juga hingga Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), guncangan gempa yang terasa hingga jauh sekali itu bisa terjadi, karena gempa tersebut merupakan jenis gempa dalam atau deep focus earthquake.

Jenis gempa itu adalah gempa yang jarang terjadi.

Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, mengatakan dua gempa di wilayah laut Jawa itu terjadi akibat deformasi atau perubahan batuan pada Lempeng Indo-Australia.

"Gempa ini juga menjadi bukti bahwa aktivitas subduksi (penunjaman) Lempeng Indo-Australia di kedalaman 500 kilometer di bawah Laut Jawa masih aktif.

Di bawah Laut Jawa tersebut Lempeng Indo-Australia menunjam dan menukik curam hingga kedalaman lebih dari 600 kilometer," ungkap Daryono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (19/9) sore.

Gempa yang terjadi pukul 14.06 WIB dan 14.31 WIB itu memiliki magnitudo masing-masing 6,1 Skala Richter (SR) dan 6,0 SR dengan jarak episenter 21 kilometer.

BMKG memerinci, gempa jenis dalam itu berlokasi di laut sekitar 88 km arah timur laut kota Rembang, Jawa Tengah, di kedalaman 620 km.

Gempa kedua terjadi 75 km timur laut kota Rembang dan terjadi di kedalaman 623 km.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved