Tingkatkan Kearifan Lokal, Kodim 1611/Badung Adakan Lomba Tari Tradisional

Kodim 1611/Badung menggelar kegiatan lomba tarian adat Bali dan catur tingkat SMA sewilayah Badung dan Denpasar

Tingkatkan Kearifan Lokal, Kodim 1611/Badung Adakan Lomba Tari Tradisional
Pasiter Dim 1611/Badung
Jajaran Kodim 1611/Badung bersama para peserta lomba terlihat berfoto bersama di Aula Makodim 1611/Badung, Jumat (20/9/2019). Tingkatkan Kearifan Lokal, Kodim 1611/Badung Adakan Lomba Tari Tradisional   

Tingkatkan Kearifan Lokal, Kodim 1611/Badung Adakan Lomba Tari Tradisional

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kodim 1611/Badung menggelar kegiatan lomba tarian adat Bali dan catur tingkat SMA sewilayah Badung dan Denpasar, Jumat (20/9/2019), di Aula Makodim 1611/Badung, pukul 08.30 Wita

Lomba tarian yang diperlombakan yakni Tari Perang Tradisional Adat Bali atau Tari Wirayuda yang diikuti tingkat SMA.

Seizin Dandim 1611/Badung, Kasdim 1611/Badung Mayor Inf Arianto mengatakan lomba ini untuk mejalin komunikasi sosial yang sehat dan harmonis.

"Acara ini masuk program Komsos Kreatif yang bertujuan menjalin komunikasi sosial yang sehat dan harmonis. Melalui perlombaan-perlombaan inilah kita ingin meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat," jelasnya Arianto.

Mengambil tema 'Melalui kegiatan Komsos Kreatif kita tingkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran dalam berbangsa dan bernegara serta menjaga dan mempertahankan Kedaulatan NKRI'.

Kasdim 1611/Badung menjelaskan, kegiatan ini untuk menjaga eksistensi budaya yang dimiliki Bali.

Kearifan lokal di era modern saat ini, tentu harus diperjuangkan sehingga ada keseimbangan dan tidak dilupakan begitu saja oleh pemuda-pemudi saat ini.

"Komsos Kreatif yang diselenggarakan sebagai kekuatan kultural, bermakna agar semua Prajurit TNI memiliki wawasan kebangsaan atas dasar kemajemukan kultur dan budaya. Sebagai basis berdirinya NKRI berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika untuk senantiasa dipertahankan guna mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai atau kearifan lokal yang ada," tambahnya.

Adapun dalam kegiatan ini, hadir Pasiter Dim 1611/Badung, juri lomba, babinsa di masing-masing wilayah Kodim 1611/Badung dan peserta lomba sebanyak 120 orang.

Pemenang lomba Tari Wirayuda adalah tim siswa Kecamatan Mengwi.

Disusul tim siswa dari Denpasar Timur dan tim siswa dari Petang, Badung.

Sedangkan juara satu lomba catur yakni M Fatih Abkori dari SMK PGRI 4 Denpasar, juara dua dari SMKN 1 Petang I Wayan Septiawan dan Ayu Ratna Sari dari SMAN 1 Abiansemal.

(*)

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved