Dispar Klungkung Tanggapi Wacana HPI Moratorium Wisatawan ke Nusa Penida

ecelakaan yang dialami wisatawan di Nusa Penida dalan beberapa kurun waktu terakhir, membuat HPI Bali mengeluarkan wacana moratorium pariwisata

Dispar Klungkung Tanggapi Wacana HPI Moratorium Wisatawan ke Nusa Penida
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Wisatawan sedang berwisata di objek wisata Devil Tears, di Desa Lembongan, Nusa Penida belum lama ini. Dispar Klungkung Tanggapi Wacana HPI Moratorium Wisatawan ke Nusa Penida 

Dispar Klungkung Tanggapi Wacana HPI Moratorium Wisatawan ke Nusa Penida

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Kecelakaan yang dialami wisatawan di Nusa Penida dalan beberapa kurun waktu terakhir, membuat HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Bali mengeluarkan wacana moratorium pariwisata ke Nusa Penida.

Hal ini pun ditanggapi oleh Pemkab Klungkung.

Kadis Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta mengatakan, wacana moratorium pariwisata Nusa Penida seperti ini bukan solusi dan justru terkesan menyalahkan pemerintah.

"Kami berharap tidak ada yang namanya moratorium pariwisata Nusa Penida itu. Wacana itu kan terkesan menyalahkan Pemda saja, padahal kita harus sama-sama berbenah untuk memberikan rasa nyaman dan aman terhadap wisatawan," ujar Kepala Dinas Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta, Minggu (22/9/2019).

Menurutnya, masalah keamanan wisatawan saat berkunjung ke Nusa Penida tidak hanya menjadi tanggung jawab dari pemerintah.

Terlebih dalam beberapa kasus kecelakaan di Nusa Penida, tidak sedikit disebabkan wisatawan yang mengabaikan keselamatan.

"Ini tanggung jawab kita bersama, jangan hanya diserahkan ke pemerinrah. Pemda saat ini tengah berbenah, dengan mulai memasang pagar pengaman di Devil Tears Lembongan. Saya juga berharap wisatawan dapat jaga diri dan keselamatan juga saat berwisata ke Nusa Penida," jelas Sukasta.

Ia juga meminta pramuwisata untuk benar-benar mengawasi keselamatan tamunya, ketika berwisata ke Nusa Penida.

Melihat geogragfis objek wisata di Nusa Penida, yang kebanyakan terdiri dari tebing curam dan laut dengan ombak yang cukup ganas.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved