10 Kelompok Usaha Bersama di Nusa Penida Terima Bantuan Rp 20 Juta

Bupati Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra menyerahkan bantuan KK miskin kepada 10 Kelompok Usaha Bersama (Kube)

10 Kelompok Usaha Bersama di Nusa Penida Terima Bantuan Rp 20 Juta
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Bupati Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra menyerahkan bantuan KK miskin kepada 10 Kelompok Usaha Bersama (Kube), bertempat di Balai Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali, Minggu (22/9/2019) sore. 10 Kelompok Usaha Bersama di Nusa Penida Terima Bantuan Rp 20 Juta 

10 Kelompok Usaha Bersama di Nusa Penida Terima Bantuan Rp 20 Juta

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Bupati Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra menyerahkan bantuan KK miskin kepada 10 Kelompok Usaha Bersama (Kube) bertempat di Balai Desa Batununggul Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana melaporkan, tujuan pemberian bantuan Kube, antara lain meningkatkan kegiatan usaha dan aktivitas keluarga sasaran, agar dapat terwujudnya kehidupan dan kesejahteraan yang lebih meningkat, mewujudkan kebersamaan dalam kegiatan usaha agar kegiatan usaha kelompok dapat berhasil dan berdaya guna, dapat menggali sumber daya Alam, meningkatkan sumber daya manusia terutama dalam kelompok.

"Penyerahan bantuan terhadap keluarga rumah tangga sasaran, dalam bentuk kegiatan Kelompok Usaha Bersama kepada KK Miskin berupa pemberian dana kepada masing-masing kelompok sebesar Rp 20 juta. Bantuan ini didapatkan sesuai dengan pengajuan proposal dari kelompok usaha," ujar Ida Bagus Anom Adnyana, Senin (23/9/2019).

Lebih lanjut Ida Bagus Anom Adnyana menyatakan, di Kabupaten Klungkung pada tahun 2019 dialokasikan dana bantuan kelompok kepada 20 kelompok, yakni di Kecamatan Nusa Penida sebanyak 10 kelompok, di antaranya Desa Ped 5 kelompok, Desa kutampi Kaler 4 kelompok dan Desa Batununggul 1 kelompok, dengan jumlah anggota per kelompok berjumlah 10 orang, sedangkan di Klungkung daratan sebanyak 10 kelompok yakni, di Desa Kusamba 5 kelompok dan Desa Gunaksa 5 Kelompok.

Sumber dana bantuan kelompok ini bersumber dari dana APBN melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Dan untuk di Kecamatan Nusa Penida, kelompok yang memperoleh bantuan adalah kelompok dengan jenis usaha berupa ternak babi.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyarankan agar kelompok usaha membuat usaha berupa cinderamata khas Nusa Penida, dengan tujuan para kelompok usaha dapat mendukung pariwisata yang ada di Nusa penida, mengingat perkembangan pariwisata di Nusa Penida sedang berkembang.

"Buatlah jenis usaha yang berbeda-beda antara satu kelompok dengan kelompok lainnya dengan memanfaatkan kondisi pariwisata di Nusa Penida yang sedang mengalami perkembangan saat ini,” ujar Bupati Suwirta.

(*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved