2 Sekolah Wakili Klungkung dalam Lomba Penanggulangan Kanker Tingkat Provinsi Bali

Dua sekolah di Kabupaten Klungkung mengikuti penilaian Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019.

2 Sekolah Wakili Klungkung dalam Lomba Penanggulangan Kanker Tingkat Provinsi Bali
Humas Klungkung
Dua sekolah di Kabupaten Klungkung mengikuti penilaian Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019. Penilaian ini dipusatkan di SMP Negeri 1 Dawan, Senin (23/9/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Dua sekolah di Kabupaten Klungkung mengikuti penilaian Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019.

Penilaian ini dipusatkan di SMP Negeri 1 Dawan, Senin (23/9/2019).

Dua sekolah yang mewakili Klungkung dalam lomba tersebut antara lain, SD N 2 Tangkas dan SMP N 1 Dawan.

Penilaian dipimpin Wakil Ketua II Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bali, Dr. Tjokorda Gede Dharmayuda, Sp. PD disambut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua TP-PKK Klungkung, Ny. Ayu Suwirta.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua TP-PKK Klungkung Nyonya Sri Kasta, Camat Dawan Anak Agung Gede Putra Wedana, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dr. Ni Made Adi Swapatni serta undangan terkait lainnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, kebijakan pengendalian kanker dari pemerintah menitikberatkan pada upaya promotif-preventif yaitu peningkatan perilaku sehat usia dini seperti tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, deteksi dini dan pengobatan kemandirian.

Owen Jenkins Berkunjung ke Denpasar, Bicarakan Tentang Pelatihan Bahasa Inggris

Inilah Dugaan Motif Wayan Sutarsa Membunuh Pacarnya Hingga Bunuh Diri di Gang Ratna

Sebagai implementasi preventif masalah kanker, di mana di Kabupaten Klungkung sudah memiliki perda KTR sejak tahun 2014 untuk kawasan tanpa rokok.

"Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan, salah satunya dengan tegas larangan iklan rokok dan kawasan tanpa rokok di Kabupaten Klungkung," ujar Suwirta.

Dirinya juga berpesan kepada kepala sekolah untuk menjaga kerindangan, kebersihan mengajak untuk menyadari arti penting kesehatan.

"Lomba ini tentu tidak dinilai dari dokumen saja, tetapi lebih lanjut seberapa jauh daripada kebenaran dokumen itu sudah dilakukan," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved