Kunjungan dan Kualitas Wisatawan Asing ke Bali Terus Menurun, Kemacetan dan Sampah Penyebab Utama

Kunjungan dan Kualitas Wisatawan Asing ke Bali Terus Menurun, Kemacetan dan Sampah Penyebab Utama

Kunjungan dan Kualitas Wisatawan Asing ke Bali Terus Menurun, Kemacetan dan Sampah Penyebab Utama
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Ilustrasi wisatawan asing. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR– Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, menyambangi kantor Ombudsman Bali untuk membicarakan ihwal outlook ekonomi Bali 2019.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, menyebutkan penurunan kualitas wisatawan mancanegara (wisman) menjadi salah satu tantangan ekonomi Bali ke depan.

“Jumlah wisman ke Bali terus menurun, kualitas wisman juga menurun, terlihat dari turunnya spending wisman baik dari data Disparda maupun data Superwisman Bali,” katanya Selasa (24/9) di Denpasar.

Trisno sapaan akrabnya, menjelaskan penurunan kualitas wisman di Bali sejalan dengan terus meningkatnya jumlah kunjungan wisman Tiongkok.

Apalagi wisman asal China ini memiliki spending power dan length of stay terendah diantara negara utama wisman di Bali.

“Berdasarkan hasil superwisman setiap tahun, kemacetan dan sampah selalu menjadi faktor yang dijadikan alasan wisman,” tegasnya.

Ia menyebutkan, spending wisman Australia tertinggi mencapai Rp 16.651.430, disusul spending wisman Eropa Rp 14.193.473. Sementara spending wisman China paling rendah hanya Rp 8.814.685 saja.

“Semakin berkembangnya tujuan destinasi negara lain, mendorong semakin meningkatnya kunjungan wisman ke negara tersebut. Sehingga Bali perlu terus berbenah, termasuk dalam hal promosi untuk kian menarik wisman,” jelasnya.

Beberapa saingan Bali, adalah negara tetangga dari Indonesia yakni Thailand, Vietnam, Filiphina, dan Malaysia. Beberapa keunggulan negara tetangga ini, adalah transportasi dan fasilitas umum yang lebih baik.

Kemudian kuliner lebih murah, kondisi lebih tenang, lingkungan lebih natural, biaya lebih murah. Pantai lebih bersih, fasilitas umum lebih baik, dan sebagainya.

Halaman
123
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved