Warga di Karangasem Terpaksa Jalan Kaki 2 Km, Tiga Bulan 301 Keluarga Kesulitan Air Bersih

Sebanyak 301 keluarga warga Banjar Tanah Barak, Seraya Timur, Kecamatan Karangasem kesulitan air bersih sejak tiga bulan

Warga di Karangasem Terpaksa Jalan Kaki 2 Km, Tiga Bulan 301 Keluarga Kesulitan Air Bersih
KOMPAS.com
Ilustrasi air bersih 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Sebanyak 301 keluarga warga Banjar Tanah Barak, Seraya Timur, Kecamatan Karangasem kesulitan air bersih sejak tiga bulan.

Untuk mendapatkan air bersih masyarakat harus jalan kaki hingga 2 kilometer menuju sumber air sumur, serta harus antre satu jam lebih.

Kepala Dusun Tanah Barak, Made Putra menjelaskan, setiap musim panas  warga Tanah Barak kesulitan memperoleh air bersih.

Sumber air semua kering, tak terkecuali. Stok air hujan di cubang umum dan pribadi juga habis. Warga hanya berpatokan dengan sumber air sumur di atas.

"Untuk kebutuhan tiap hari, seperti makan dan minum, warga Tanah Barak harus mengirit sekali. Satu jeriken biasanya dipakai untuk 2 sampai 3 hari. Sedangkan air untuk ternak tak ada sama sekali. Air yang ada untuk kebutuhan dirinya sendiri," kata Made Putra, Senin (23/9/2019) sore.

Putra, sapaan akrabnya, berharap pemerintah turun dan memberi bantuan air bersih, mengingat Tanah Barak sudah kesulitan air bersih.

Pihaknya mengaku telah bersurat memohon bantuan air bersih ke Dinas Sosial (Dinsos) Karangasem, seerta ditembuskan ke BPBD dan PMI, tapi tak ada respon hingga kini.

Pihaknya berharap Dinas Sosial dan BPBD Krangasem segera respon usulan bantuan air bersih karena semua warga Banjar Tanah Barak telah menunggu bantuan air bersih.

"Sekarang warga hanya butuh air bersih. Kita berharap ada bantuan air bersih setiap 2 minggu sekali," harap Made Putra.

Sebelumnya, Perbekel Seraya Timur, Made Pertu menjelaskan, Banjar Tanah Barak bagian atas memang sering kesulitan mendapat air bersih di musim kemarau.

Halaman
12
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved