12 Persen Sampah Laut Bali dari Sungai Ijogading Jembrana

Alliance to End Plastic Waste (AEPW) mencatat bahwa 12 Persen sampah laut Bali dihasilkan dari Sungai Ijogading Jembrana

12 Persen Sampah Laut Bali dari Sungai Ijogading Jembrana
Tribun Bali/I Made Ardhiangga
Kondisi Sungai Ijogading di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, Selasa (24/9/2019). 12 Persen Sampah Laut Bali dari Sungai Ijogading Jembrana 

12 Persen Sampah Laut Bali dari Sungai Ijogading Jembrana

TRIBUN-BALI.COM, JEMBRANA - Alliance to End Plastic Waste (AEPW) mencatat bahwa 12 Persen sampah laut Bali dihasilkan dari Sungai Ijogading Jembrana.

Hal itu dikatakan Program Manager of Bali Partnership/Acting Chief Delivery Officer (CDO) of Project STOP Jembrana, Lincoln Rajali Sihotang, Selasa (24/9/2019).

Sampah itu terdiri sampah plastik dan jenis lainnya, yang menjadi biang kotornya laut Bali tersebut.

Lincoln mengatakan, dalam sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa setiap tahunnya, 33.000 ton sampah plastik dari Pulau Bali bocor ke laut.

Tantangan terbesar dari masalah ini adalah kurangnya layanan pengelolaan sampah yang tepat untuk mencegah rumah tangga dan pelaku usaha membakar sampah secara terbuka atau membuangnya ke lingkungan.

Menghentikan kebocoran sampah plastik ke lingkungan laut sangatlah penting, terutama untuk mepertahankan industri pariwisata yang menjadi sumber mata pencaharian masyarakat.

"Kabupaten Jembrana diperkirakan menyumbang sekitar 13.200 ton per tahun sampah plastik ke lingkungan, akibat dari besarnya jumlah populasi serta kurangnya infrastruktur pengelolaan sampah dan daur ulang," ucapnya.

Karena itu, sambungnya, pihaknya melakukan kerja sama dengan Program STOP untuk memperluas pengembangan solusi-solusi pengelolaan sampah.

Terutama sampah yang lebih berkelanjutan dan sirkular di Indonesia.

Halaman
123
Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved