Breaking News:

Dua Buku Dibedah di UNHI, Rencana Buat Perpustakaan Digital Tentang Pengetahuan Tradisional Bali

Serangkaian dengan Dies Natalis Universitas Hindu Indonesia (UNHI) ke-56, digelar acara bedah buku di aula Rektorat UNHI

Tribun Bali/I Putu Supartika
Acara bedah buku di UNHI, Denpasar, Bali, Rabu (25/9/2019). Dua Buku Dibedah di UNHI, Rencana Buat Perpustakaan Digital Tentang Pengetahuan Tradisional Bali 

Dua Buku Dibedah di UNHI, Rencana Buat Perpustakaan Digital Tentang Pengetahuan Tradisional Bali

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Serangkaian dengan Dies Natalis Universitas Hindu Indonesia (UNHI) ke-56, digelar acara bedah buku di aula Rektorat UNHI, Denpasar, Bali, Rabu (25/9/2019).

Dua buku yang merupakan hasil penelitian dosen UNHI dan juga beberapa dosen dari Universitas Udayana dibedah dalam acara ini, yakni Dinamika Hindu di Indonesia serta buku Bali dan Multikulturalisme.

Sebanyak 5 narasumber dihadirkan dalam bedah buku tersebut, yakni pembedah buku Dinamika Hindu di Indonesia Porf Dr Susanto Zuhdi dari Universitas Indonesia dan Prof Dr I Nengah Duija dari IHDN, sedangkan buku Bali dan Multikulturalisme dibedah oleh Prof I Ketut Widnya, Dr Bambang Dharwiyanto Putro serta Emanuel Dewata Oja.

Rektor UNHI, Prof Dr I Made Damriyasa mengatakan, pelaksanaan dies natalis ini mengangkat tema melestarikan budaya Bali melalui perlindungan kekayaan intelektual, dengan tujuan mengembangkan budaya Hindu hingga ke tingkat regional.

Ia menganggap bahwa saat ini kekayaan intelekual leluhur Bali kurang diperhatikan, dilindungi dan dikembangkan.

"Oleh karena itu bagaimana peran UNHI mengembangkan kekayaan intelektual leluhur, baik yang tersurat dalam lontar maupun teknologi tradisional," katanya.

Damriyasa mengatakan, buku ini tidak hanya dibedah melainkan harus bisa dibaca secara global.

Karena pihaknya akan mengembangkan perpustakaan pengetahuan tradisonal Bali secara digital.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved