Kepala Sekolah Bisa Kembali Menjadi Guru Biasa, Begini Aturan tentang Masa Jabatannya

Disdikpora Kabupaten Badung mengaku masih berproses mengenai aturan baru terkait penugasan guru sebagai Kepala Sekolah

Kepala Sekolah Bisa Kembali Menjadi Guru Biasa, Begini Aturan tentang Masa Jabatannya
pixabay.com
Ilustrasi kepala sekolah. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung mengaku masih berproses mengenai aturan baru terkait penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Aturan itu ada saat keluarnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Selain itu, periode masa jabatan kepala sekolah juga telah diatur.

Informasi yang dihimpun, penugasan kepala sekolah pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah dilaksanakan dengan periodisasi.

Periodisasi setiap masa periode dilaksanakan dalam kurun waktu empat tahun.

Namun setelah menyelesaikan tugas pada periode pertama, kepala sekolah dapat diperpanjang penugasannya paling banyak tiga kali masa periode atau paling lama 12 tahun.

Hanya saja, pada penugasan kepala sekolah periode pertama pada satuan administrasi pangkal atau di satu sekolah yang sama, paling sedikit dua tahun dan paling lama 2 (dua) masa periode atau 8 (delapan) tahun. 

“Aturan baru ini, kepala sekolah bisa menjabat selama 12 tahun atau tiga periode. Rinciannya dua kali masa jabatan atau 8 tahun di sekolah yang sama. Namun untuk berikutnya atau periode ketiga, dia harus pindah ke sekolah lain,” jelas Sekretaris Disdikpora Badung, I Made Mandi dikonfirmasi, Rabu (25/9/2019).

Lanjut dikatakan, setelah menyelesaikan tugas pada periode ketiga, kepala sekolah dapat diperpanjang penugasannya untuk periode keempat setelah mereka melalui uji kompetensi dan dinyatakan lulus.

“Mereka harus ikut uji kompetensi, setelah lulus dia dapat jadi kepala sekolah,” jelasnya.

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved