Napi Bisa Bercocok Tanam, Bupati Beri Lahan untuk Pertanian dan Perikanan

Selama menjalani masa hukuman, warga binaan Lapas Kelas IIB Singaraja akan diberikan pengalaman untuk bekerja di bidang pertanian dan perikanan

Napi Bisa Bercocok Tanam, Bupati Beri Lahan untuk Pertanian dan Perikanan
Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
KESEPAHAMAN - Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menandatangani nota kesepahaman, di Lapas Kelas IIB Singaraja, Buleleng, Bali, Rabu (25/9/2019). Napi Bisa Bercocok Tanam, Bupati Beri Lahan untuk Pertanian dan Perikanan 

Napi Bisa Bercocok Tanam, Bupati Beri Lahan untuk Pertanian dan Perikanan

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Selama menjalani masa hukuman, warga binaan Lapas Kelas IIB Singaraja akan diberikan pengalaman untuk bekerja di bidang pertanian dan perikanan.

Selain agar bisa berinteraksi sosial di masyarakat, hal ini juga diharapkan bisa menjadi bekal keterampilan para napi saat bebas nanti.

Mengawali rencana itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali, Sudjonggo beserta Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana telah menandatangani nota kesepahaman, di Lapas Kelas IIB Singaraja, Rabu (25/9/2019).

Ditemui di sela-sela kegiatan, Bupati Agus Suradnyana mengatakan, pemerintah Kabupaten Buleleng memiliki lahan seluas 89 are di kawasan Balai Penyuluhan Pertanian, Desa Tukadmungga.

Lahan itu dapat dimanfaatkan oleh warga binaan untuk bercocok tanam.

Sementara untuk bidang perikanan, Bupati mengaku akan memberikan bantuan berupa keramba jaring apung, yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga binaan untuk menangkap ikan-ikan laut.

Bupati menilai, pelatihan membuat kerajinan yang diberikan kepada warga binaan selama ini kurang efektif.

Sebab hasil kerajinan tangan warga binaan kalah saing dengan karya para seniman andal, yang sudah menjamur di Bali.

Sementara bila diberikan pelatihan berkebun atau bertani, hasilnya nanti dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan gizi warga binaan.

Halaman
12
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved